Percobaan Membuat Curos

Curos percobaan untuk menyenangkan buah hati :D

Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya bahwa minimal seminggu sekali akan mulai mempraktekan koleksi resep yang saya miliki. Baik resep digital alias koleksi resep yang ada di wall facebook dan bookmark, juga dari koleksi resep jadul yang sudah saya miliki sejak lama.

Karena ceritanya saya bukan ahli masak, maka bisa dinilang ini adalah coba-coba. Percobaan pertama ini saya membuat Curos yang terlihat sangat mudah, bahan simple dan pengolahan juga cepat. Selain itu, saya memang suka sekali dengan curos. Pernah beberapa kali beli.


Mulailah saya membuka resepnya yang sudah saya bookmark entah kapan di salah satu browser smartphone saya. Dan semua saya siapkan sama persis dengan yang ada di resep.
Bahan yang saya siapkan :

Bahan persis berdasarkan koleksi dari browsing 


Cara membuat, pertama capur air, mentega dan garam , masak di atas api sedang hingga mendidih. Setelah mendidih matikan api, lanjut dengan masukan tepung perlahan sambil diaduk. Campur semua tepung sampai habis, dan uleni hingga tercampur rata. Setelah tercampur rata diamkan sebentar sampai adonan dingin. 

Setelah adonan dingin masukan telur yang sudah dikocok sebentar. Aduk kembali adonan sampai tercampur rata. Kemudian masukan adonan ke plastik segitiga dan beri ujungnya cetakan bunga atau bintang. 

Tahap Pembuatan 

Siapkan penggorengan di atas api sedang. Dianjurkan menggunakan penggorengan panci supaya bentuk curos tidak melengkung. Tapi tetap memanjang. Sepluit adonan ke minyak panas dan goreng sampai kekuningan. Angkat dan dinginkan. 

Setelah agak dingin beri toping, bisa menggunakan dark coklat yang dilelehkan siram di atasnya. Atau bisa menggunakan gula halus dicampur bubuk kayu manis dan taburkan.

Melengkung-lengkung karena tidak telaten meluruskannya :D


Catatan penting praktek pertama koleksi resep kali ini adalah bahwa adonan terlalu lembek. Saat sudah matang kue jadi terlalu empuk sehingga hampir menyerupai kue sus versi goreng. Untuk yang ingin mencoba resep ini saya sarankan mengubah komposisinya. Telur hanya dua saja dan air dikurangi jumlahnya.

Soal rasa, menurut Alisha dan soulmatenya si Ambarwati yang langsung lahap sih enak-enak saja. dan langsung bilang “Besok bikin lagi ya ma”.  Tapi menurut saya pribadi terlalu empuk, padahal curos yang pernah saya beli meski empuk saat digigit, tapi agak sedikit keras teksturenya. 
Tapi untuk praktek pertama saya cukup memaafkan diri sendiri sih atas segala kekurangan dan sedikit hasil yang tidak sesuai harapan, namanya juga percobaan yess, karena yang terpenting adalah anak saya suka pake banget :D

Dan mari mencoba koleksi resep lainnya ;)

5 komentar