Alisha, Anak Gadis Menjelang Remaja 10 Tahun Yang Menyukai Make Up


Halo, Assalamu'alaikum

Akan selalu ada kejutan, setiap melihat pertumbuhan buah hati meski sebenarnya sudah pernah melihat anak lain, keponakan, saudara atau kerabat. Apalagi anak perempaun menjelang remaja seperti Alisha yang tahun ini memasuki usia 10 tahun.

Usia menjelang meninggalkan anak-anak dan menuju remaja yang lumayan banyak tantangan dan kejutan. Antara takjub, kaget tapi juga bahagia dan kadang speechless saat menghadapi sikapnya atau ucapannya yang spontan muncul saat berinteraksi dengan saya.

Beberapa yang saya noted di usianya yang ke 10 tahun adalah : 

Sangat menyukai hal yang berkaitan dengan warna-mewarnai. Masih selalu minta print gambar untuk mewarnai dari searching Google atau minta belikan buku mewarnai. Dan sangat senang melihat progresnya, dari yang mewarnai dengan serampangan, keluar garis, sekarang Alisha sudah bisa mewarnai dengan rapi dan lebih baik dalam memadu padankan warna antar bagian.

Kesukaannya pada permainan warna membawanya menyukai lebih dalam permake-up'an. Dari yang awalnya saya cuek saja, berfikir "Paling juga sebentar lagi bosan, hanya ketertarikan sementara pengaruh video youtube yang dilihatnya, seperti kesukaannya pada yang lain-lain selama ini". Tapi semakin hari ternyata kesukaannya semakin dalam dan semakin detail terhadap make up.

Berawal dari pakai punya saya, kemudian setiap pulang main, bibirnya berwarna, kalau ditanya "Minta punya teman". Dan kalau ditanya "Merek apa?" Dan jawabannya lumayan mengkhawatirkan "Nggak tahu, diabeli di toko depan SMA. Harganya murah, tadi Isha yang antar beli"

Yang langsung membuat saya parno dan khawatir “Merek apa itu? Bagus apa tidak? Berbahaya atau tidak kandungan bahannya?” dan deretan kekhawatiran lainnya. 

Hingga sampai tahap iseng yang lumayan mengkhawatirkan, pencil warna dipakai buat oles-oles bibir. Akhirnya sejak itu saya memutuskan membelikannya sedikit peralatan make up yang saya sesuaikan dengan kebutuhan dan usianya, setelah searching review sana sini. Dan pengalaman memilih make up yang cocok untuknya, saya ceritakan di sini.

Di usia sekarang, Alisha juga sudah mulai percaya diri dan narsis soal kecantikan. Dia bisa dengan percaya diri berkata "Ternyata Isha cantik banget ya" sambil mentap pas fotonya sendiri. 

Atau meratap "Kecantikan Isha berkurang dikit" dengan sedih, kembali sambil berkaca saat mengalami sakit cacar beberapa waktu lalu.

Selain menggunakan untuk diri sendiri, menjadikan teman atau saya sebagai bahan percobaan mengaplikasikan make up sesuai maunya dia. Dan saya jadi tahu, bahwa dia bahkan sudah paham kalau lip tint atau lip-lip lainnya bisa multi fungsi untuk perona pipi, meski saat mengaplikasikan masih belum rapi. 

Meski secara keseluruhan belum bisa dikatakan sempurna, termasuk saat mengaplikasikan eye shadow masih agak berantakan, tapi mengaplikasikan lipstik dengan baik ke bibir saya saat jadi bahan praktek percobaannya secara paksa. Di mana lipstik tidak belepotan ke luar garis bibir dan menyatu dengan baik meski 3 warna sekaligus dia aplikasikan. 

Kesukaannya pada make up juga membuatnya hobi menonton video tentang kecantikan dengan bahasan lainnya. Alisha jadi paham kalau salah memilih maskara, pencil alis atau salah cara menggunakan, bisa mengakibatkan alis atau bulu mata rontok. 

Jadi kalau dulu saya 10 tahun masih berkutat main petak umpet, sekarang saya harus belajar lebih banyak tentang memahami anak 10 tahun yang mulai sangat menyukai make up karena sering menonton tutorial beauty vlogger. 

Dan kalimat yang sering saya ulang “Jangan pakai warna yang nggak sesuai dengan usia ya nak, cari deh contoh bagaimana warna-warna yang sesuai dengan usiamu. Kalau buat belajaran di rumah nggak apa, tapi tidak menggunakannya saat keluar rumah” 

Iya, walau bagaimana pun faktanya Alisha tetaplah anak 10 tahun yang masih duduk di bangku SD. Kreativitas dan kesukaan tak bisa dihalangi, tapi tetap harus bisa menyesuaikan dan tahu batasan serta menempatkan diri dengan baik. 

Dan kisah perjalanan tumbuh kembang buah hati ini, curhatan saya yang semoga di masa depan bisa menjadi kenangan bagi saya sebagai Ibu maupun putri saya sendiri sebagai anak yang tumbuh dengan sehat dan baik.

Bagaimana pengalaman teman-teman dengan putri masing-masing? 







15 komentar

  1. Selalu ada cerita seru yaa, buat putri kita,apalagi saat dia menjelang remaja, belum lagi nanti kalo dia udah punya gebetan :))

    BalasHapus
  2. Keberadaan media social di platform digital memang membawa pengaruh besar pada anak-anak zaman sekarang yaa. Lihat video di YouTube bikin mereka jadi terinspirasi mau coba produk kecantikan dan bikin konten beauty, cuma ya itu tetap harus dibimbing dan dikasih perhatian lebih ya mak. Beli kosmetik pun yang sesuai dengan usia dan yang aman aman nya, sayangnya di Indonesia belum banyak nih merek kosmetik khusus untuk remaja.

    BalasHapus
  3. Jaman saya juga dulu pas umur 10 tahun hobynya masih suka main petak umpet. Beda generasi beda hoby tentunya ya, Mbak. Wah, Alisha sudah hoby pakai make up juga. Kayak adik saya yang 12 tahun. Awalnya dia make up untuk tampil di acara sekolah, eh malah jadi tanya-tanya produknya gimana. Dan sekarang dia juga suka make up.

    Kalau harga make up murah dan merknya entah apa, emang suka bikin parno, itu aman apa enggak, ya? Hihihi

    BalasHapus
  4. Putri saya masih 3 tahun tapi kayaknya juga sudah mulai ikut-ikutan terus pengen pakai make up kalau saya lagi siap-siap pergi >.<. Paling saya kasih bedak baby aja tapi yang bentuknya padat dan saya bilang kalau mau pakai ijin-ijin dulu...

    BalasHapus
  5. Asyik ya Mba kalo punya anak ceweq. :D
    Bisa diajak mainan make up, temen berburu skincare dan search tutorial YouTube beauty hihihi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Anak2 sekarang memang makin cepat berkembangnya ya mak, terutama karena kemajuan tekhnologi.
    Nonton tutorial make up di Youtube dan pengen meniru.

    Tapi setuju banget nih "Jangan pakai warna yang nggak sesuai dengan usia ya nak, cari deh contoh bagaimana warna-warna yang sesuai dengan usiamu. Kalau buat belajaran di rumah nggak apa, tapi tidak menggunakannya saat keluar rumah”
    Kita sebagai ortu tetap harus sampaikan yang baik dan awasi mereka dalam berdandan di usia muda.

    BalasHapus
  7. Tumbuh kembang anak memang luarbiasa, meski tiap hari membersamai, melihatnya, tapi selalu saja takjub ketika mencermati pertumbuhannya.

    BalasHapus
  8. Gadis saya 9 tahun, mulai suka pakai bedak. Awalnya bedak bayi, di olesin di muka. Lalu minta dibelikan bedak buat anak-anak. Dia juga suka minta dibelikan parfum.

    BalasHapus
  9. Nah, ini juga yang dialami kakak sepupu dengan putri bungsunya. Kakak-kakaknya tumbuh besar belum marak sosmed, adiknya ini yang udah kenal YouTube saat usia 6 tahun. Jadinya ngerti gimana pakai make up, kakaknya malah pada gak paham cara pakai nya. Dan setuju juga untuk menjadikan make up ajang latihan makai di rumah, bukan untuk dipakai kalo keluar rumah

    BalasHapus
  10. Wah, persis ponakanku nih. Sejak usia 5 tahun seneng make up. Mulanya punya mamanya. Terus begitu besar, kalo diajak jalan2 sama neneknya, mintanya dibeliin make up. Dan kalo ke rumah, lihat make up aku, dia suka minta. Sekarang hobinya itu tersalurkan dengan bikin video dan channel Youtube. Gak ada target apa2. Biar dia menikmati saja. Selama make up-nya aman. Anak-anak sekarang memang begitu kayaknya Mak. :)

    BalasHapus
  11. WAah bisa jadi MUA kondang mantinya ya. Yang pasti kita dampingi dan ajarkan ynag perlu diketahui

    BalasHapus
  12. Wah seneng nya kak Isha udah perhatian sama penampilan. Anakku yang perempuan cuek banget sama penampilan huhuhu. Aku catet deh sarannya makIcoel nih

    BalasHapus
  13. Ya Allaaah.. Alisha lucu banget sih. Begini ya, Mak rasanya pinya anak perempuan. Anakku laki2 semua, jadi lebih ke aktifitas fisik yg mengkhawatirkan sih. Yg dengan bangganya di usia 3,5 tahun meloncat dr meja ke kasur yg ada ruang jarak kurang lebih 1 meter. Coba itu.. >_<

    BalasHapus
  14. Anaka saya yang baru umur 3 tahun saja udah tahu mak, iya bisa jadi dia suka lihat saya pas bikin video atau suka curi lihat kalau saya lihat youtube beauty vlogger favorit. Sekarang ada memang makeup yg khusus buat anak-anak.

    BalasHapus
  15. Aiiih mau jadi beauty blogger ya de hehe, gak papa modalnya pake make up mama nih

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar ^_^