Mengapa Bakat Dan Kelebihan Anak Harus Dikenali Sejak Dini?


AJT CogTest, Tes Kognitif
Seberapa kenal dan paham kita dengan anak kita? 

Assalamu’laikum 

Bagi setiap orang tua, terutama untuk seorang Ibu pernah nggak sih merasakan bahwa kita adalah orang yang paling memahami kondisi, sifat dan segala pola pikirnya. Karena merasa bahwa kitalah sebagai Ibu yang banyak menghabiskan waktu bersama buah hati.

Dari mulai dalam kandungan, lahir dan bertumbuh kembang menjalani hari-harinya. Melihat setiap perkembangan tahap demi tahap buah hati. Apalagi untuk Ibu seperti aku yang memutuskan stay at home, pasti merasa bahwa keyakinannya sangat benar.

Seperti saat ini, usia Alisha sudah menginjak 10 tahun aku bisa mendeskripsikan beberapa karakternya yang mulai terlihat. Alisha suka bermain dengan warna, masih suka mewarnai gambar, mulai menyukai make up dan memilih warna-warna cerah saat bereksprerimen dengan make up.

Alisha terobsesi juga dengan "Menghasilkan uang". Karena saat meminta sesuatu selalu aku tetapkan aturan bahwa dia tidak boleh dan tidak bisa mendapatkannya dengan mudah. Jadi jangan heran bahkan dari 7 tahun dia sudah jadi "Pedagang" di antara teman-temannya.

Alisha juga anak sosial, dia mengenal hampir semua orang di sekitar kami tinggal. Dia tahu mana yang baru pindah, mana yang akan pindah. Mana tetangga kami yang sedang pulang kampung. Meski tingkat sosialisasinya tinggi, Alisha memiliki sisi angkuh dan jutek yang nggak santai.

PT Melintas Cakrawala
Apa sih AJT CogTest? 

Melihat perkembangan ini, banyak kerabat yang selalu mengucap "Anak pintar" dan aku aamiinkan. Tapi dari semua fakta yang aku yakini ini, ternyata tetap ada bagian yang tetap butuh perhatian dan pembelajaran ekstra untuk ku sebagai orang tua. 

Dalam keyakinan bahwa aku memahami anak sendiri dengan baik, serta yakin mampu melakukan banyak hal untuk perkembangannya justru akhir-akhir ini aku mendapati fakta Alisha adalah anak yang sulit mengikuti pelajaran di sekolah.

Di mana aku yakin Alisha adalah anak cerdas, tapi ternyata dia cukup kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah. Bahkan pernah saya dipanggil wali kelasnya untuk mendiskusikan masalah ini lebih dari dua kali. 

Alisha mudah lupa, kemarin baru belajar dan dijelaskan, besok ditanya ulang dia lupa dan tidak bisa menjawab persoalan yang sama, terutama pada mata pelajaran matematika. Menurut wali kelasnya, tingkat konsentrasinya juga rendah.

Meski aku bukan Ibu yang menuntut nilai sempurna, tapi aku berharap Alisha paling tidak paham dan mampu menerima pelajaran yang diterimanya. 

Tes Kognitif
Suasana tes AJT CogTest 
Pernah curhat ke beberapa teman, mereka menyarankan ikut tes IQ, menurut mereka nanti akan tahu kelemahan dan masalah utamanya. Karena pada dasarnya tidak ada anak yang bodoh, tapi karakter mereka membutuhkan cara berbeda dalam treatment belajarnya. 

Tapi masalahnya Alisha sudah pernah ikut tes IQ dua kali saat TK dan melihat hasil tesnya yang hanya sebatas info otak mana yang dominan, gambaran karakternyasecara general, jujur aku merasa itu percuma karena tidak ada saran detail mengatasi kekurangannya.

Bahkan membaca hasil lembarannya saja yang penuh dengan angka-angka malah membuat aku serasa oleng 😕 

Mengatasi masalah anak sulit mengikuti pelajaran 

Dan akupun mulai searching, mencari banyak info untuk memgatasi masalah ini. Dan di grup Facebook ternyata banyak teman blogger sharing informasi tentang AJT CogTest dari PT Melintas Cakrawala Indonesia. Yaitu tes kognitif atau tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia.
Mengenal kekeurangan dan kelebihan anak sejak dini
Menggali, mengenali bakat dan kelebihan anak sejak dini

AJT CogTest dirancang untuk anak berusia 5-18 tahun. yang mana untuk sampai pada tahap sekarang, AJT CogTest butuh waktu 4 tahun melakukan penelitian kepada hampir 5000 siswa di 6 Provinsi Pulau Jawa dan bekerjasama dengan Fakultas Psikologi UGM dan menjadikan ahli teori CHC Author dari Woodcock-Johnson III & IV Kevin McGrew sebagai konsultan proyek. 

CHC sendiri adalah teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory) dan AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teory tersebut. 

Secara keseluruhan, keunggulan #AJTCogTest antara lain : 

  • Akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan belajar anak. Karena model CHC adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris selama beberapa dekade penelitian 
  • Memberikan hasil komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. sehingga orang tua dan guru dapat memahami metode belajar terbaik dan sesusai, untuk mengoptimalkan potensi anak. 
  • Mayoritas tes IQ di Indonesia menyadur dari luar negeri, AJT CogTest satu-satunya yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun Internasional yang disesuaikan untuk anak Indonesia. 
  • Tes dilakukan oleh psikolog yang sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI. 
  • Untuk hasil tesnya akan dikirim berupa soft copy ke email dalam waktu 7 hingga 14 hari setelah tes dilaksanakan. 
  • Kenapa tes seperti AJT CogTest ini menurutku sangat penting dan harus diusahakan oleh para orang tua untuk mengikuti? Karena dengan hasilnya, kita sebagai orang tua akan lebih mudah mengakomodir, memfasilitasi dan mengarahkan bakat dan kemampuan anak dengan lebih tepat. Yang pasti akan mempengaruhi kesuksesannya di masa depan.

Nah, sekarang pasti penasarankan soal biaya. Berapa sih biaya untuk AJT CogTest? 

Terdiri dari dua jenis paket #TesKognitifAJT, yaitu : 
  • AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Biayanya Rp 760.000 
  • AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes. Biaya Rp 1.200.000. 


Bagi yang ingin membawa buah hati untuk ikut tes, bisa langsung kulik infonya dan hubungi : 
Instagram: @melintascakrawalaid 
Website: www.melintascakrawala.id 
WhatsApp CS: 087883258354 

Jadi mengapa Bakat Dan Kelebihan Anak Harus Dikenali Sejak Dini? 

Agar kedepannya akan lebih memudahkan kita sebagai orang tua dan si anak sendiri dalam mengambil keputusan dan langkah yang tepat untuk masa depannya yang lebih baik. Jadi  #YukKenaliAnakKita sejak dini.

13 komentar

  1. Dulu tes-tes beginian baru bisa dilakukan pas sma mau kuliah buat nentuin minatnya apa. Sekarang ada tes ini bisa dari 5 tahun gitu bagus banget Mak, potensi anak bisa dioptimalkan dak didukung sejak dini :)

    BalasHapus
  2. Asyik juga ya kalau dari hasil tes ini kita ga cuma paham peta kecerdasan anak tapi juga dpt soluai cara belajar yang efektif baginya

    BalasHapus
  3. Udah cek webnya, sayangnya basisnya masih di jakarta (dan sekitarnya) ya... Padahal kami yang di daerah juga butuh. Semoga saja segera bisa merambah kota-kota lain

    BalasHapus
  4. Untung jaman sekarang sudah bisa mendeteksi bakat anak atau minatnya sekalian ya. Jaman dulu cuman tes untuk masuk sd calistung doang

    BalasHapus
  5. Setiap anak memang memiliki karakter masing-masing. Tapi saya suka loh sama Alisha, masih 10 tahun tapi jiwa sosialnya sudah tinggi.

    Semoga Alisha pelan-pelan bisa memahami mapel matematika. Dan buat Mak Icoel tetap semangat...

    BalasHapus
  6. Lumayan juga ya mba, biaya untuk testnya.

    Aku baru tahu tentang test ini. Pernah test untuk anakku, tapi test sidik jari untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar.

    Menurutku akurat juga metode itu mba. Klo yang AJT blm pernah..

    BalasHapus
  7. wahh bisa dari 5thn yaa. berarti anakku udah bisa dong yaa. kayaknya mereka butuh di tes nih biar potensinya bisa dikembangkan dari kecil

    BalasHapus
  8. Alisha usianya 8 tahun, kak?
    Sama kaya anakku yang pertama.
    Hanya memang, kalau ada hasil tes yang menguatkan bahwa bakatnya di situ..
    Kita sebagai orangtua jadi lebih mudah mengarahkan.

    Pingin ikut AJTCogtest...

    BalasHapus
  9. AKu pernah coba beberapa tes semacam ini untuk anak-anakku mba. Hasilnya memang untuk mengenal kepribadian anak lebih baik ya

    BalasHapus
  10. Oalah aku baru tau tentang OJT Cogtest. Bagus juga ya mak metodenya bisa mengenali bakat anak sejak dini. Pas banget lula dirancang untuk anak Indonesia

    BalasHapus
  11. Pengen nyoba tes ajt buat anak2 biar ketahuan minat n bakatnya jd gampang ngarahinnya

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah Darell udah ikutan AJT Cognitive test mak, hasilnya masyaallah , gak sangka ternyata anakku bakat dan kelebihannya lebih ke menyelesaikan persoalan yang sulit alias suka dikasih tantangan.

    BalasHapus
  13. Anak2ku pada ikut test kecerdasan Mak icoel. Paling ga menurutku sih membantu untuk mengarahkan minat dan bakt mereka.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar ^_^