5 Wisata Surabaya Wajib Dikunjungi Dalam Sehari

Ini Gapura Tugu Pahlawan 


Surabaya, Kota Metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Kota yang juga sudah mulai dirayapi kemacetan luar biasa di titik-titik tertentu. Kota yang bahkan malam hari, rona wajah kehidupannya masih terlihat,  tak pernah tidur.

Kota yang juga pernah melalui massa-massa perjuangan, hingga akhirnya “Kota Pahlawan” tersemat sebagai sebagai julukan. Kota indah dan semakin populer sejak dipimpin Walikota Perempuan yang dengan tangan dinginnya membawa banyak perubahan. Dan yang paling penting, kota kelahiran saya :P


Pintu Masuk Kawasan Tugu Pahlawan


Sebagai kota metropolitan, perkembangan yang pesat dalam berbagai sektor menjadikan Surabaya sebagai salah satu Kota tujuan wisata yang banyak masuk dalam list wisatawan domestik dan mancanegara.

Karena memang banyak lokasi wisata keren di Surabaya yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Kota asal makanan khas Rujak Cingur ini.  Istilahnya, terasa belum lengkap ke Surabaya kalau belum mampir ke ikon Surabaya ini. Karena kalau untuk sekedar syarat narsis di social media, satu hari juga cukup menjelajah ikon-ikon Surabaya ini.

Ini 5 daftar wisata keren Surabaya versi saya yang wajib dijelajahi dan bisa dilaksanakan hanya dalam satu hari saja. Yang kalau menyebut "Wisata Surabaya" maka ke lima tempat ini langsung terbayang dalam pikiran.



      1.       Tugu Pahlawan
Tugu lambang perjuangan masyarakat Surabaya di era penjajahan ini menjadi salah satu simbol keren yang wajib dikunjungi. Dibangun untuk memperingati perjuangan arek-arek Soroboyo melawan penjajah dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.
Berada di Jalan Pahlawan Surabaya, kawasan tugu Pahlawan terbuka untuk umum. Untuk berkunjung dan mengambil foto di sekitar lapangan Tugu tidak dipungut biaya. Saat terik matahari menyengat, pemandangan justru memikat untuk diabadikan.



      2.       House of Sampoerna
Ini adalah museum perjalanan berdirinya PT. HM Sampoerna yang dibangun oleh imigran asal daratan Tiongkok yang hijrah ke Indonesia pada 1898 bernama Liem Seeng Tee ,  dalam membangun raksasa bisnis rokoknya menjadi salah satu merek terkemuka.

Mesin Cetak Bungkus Rokok Jadul

Namun saat masuk, meski yang dipajang adalah properti berbau sejarah utuh perjalanan Sampoerna, saya tidak sekedar merasakan sejarah tentang berdirinya Sampoerna. Tapi juga transformasi Kota Surabaya dari masa ke masa. Dari jaman hitam putih sampai moderen.



Diajak menyelami massa-massa jadul kota Surabaya yang cukup eksotik melalui foto-foto hitam putih, dan semua barang-barang jadul tapi terawat peninggalan Om Liem Seeng Tee yang nama Indonesia-nya Hanjaya Mandala Sampoerna.

Ini di Kenjeran


      3.       Pantai Kenjeran
Masih sedikit wisatawan yang kenal Pantai ini, bahkan wisatawan domestik sekalipun. Keponakan saya baru tahu di Surabaya ada pantai Kenjeran setelah menginjakan kaki ke sini. Orin dan Makpon Mira juga baru tahu ada Pantai Kenjeran setelah diajak langsung.

Patung Dewa Banyak Muka di Kenjeran


Padahal tempat ini salah satu yang populer di kalangan masyarakat Surabaya dan sekitranya karena keindahan dan kesejukannya. Sebagian yang sudah ke sini mengatakan “Mirip Thailand” karena ada tempat ibadah umat Budha di dalam lokasi. 


Fasilitas cukup lengkap, mulai penjual aneka souvenir untuk hadiah dan oleh-oleh, yang sangat khas oleh-olehnya adalah cemilan olahan dari hasil laut. Tempat makan, taman bermain dan lain-lain. Juga tersedia lapangan pacuan kuda, kolam renang, tempat lomba racing dan sebagainya.




      Sekilas Narsis di Taman Bungkul


4.       Taman Bungkul
Kenapa saya memasukan Taman Bungkul? Karena taman ini jadi ngehits sejak dipermak rapi dan indah di bawah kepemimpinan Bu Risma. Sempat jadi pemberitaan heboh saat rusak karena sebuah event dan membuat Bu Risma marah besar. Sejak itu taman ini menajadi salah satu tempat yang banyak ditanyakan banyak orang saat mengunjungi Surabaya.

Hanya kebetulan Beruntung Tidak Ada Petugas Yang Sedang Patroli, Bisa Narsis Sebentar


      5.       Jembatan Suramadu
Ini ikon paling ngehits, tersohor senatero Nusantara. Yang jalan-jalan ke Surabaya pasti akan mengucap “Pengen ke Suramadu”. Jembatan yang menghubungkan Kota Surabaya dan Madura ini memang lumayan untuk cuci mata dan menikmati semilir angin laut yang dilintasi sepanjang 5000 meter lebih.

Dari Sisi Jarak Jauh Madura :)

Paling asyik dinikmati saat malam hari karena lampu-lampu yang menyala berwarna-warni di sepanjang jembatan mengikuti lekuk bentang jambatan menciptakan suasana syahdu tersendiri. Jambatan ini juga bisa dinikmati siluet jarak jauhnya dari kawasan Pantai Kenjeran.

Dari pengalaman saya  pribadi, ke lima tempat wisata ini bisa kok didatangi hanya dalam satu hari bagi yang berkunjung ke Surabaya singkat, hanya punya waktu senggang satu hari. Dari pagi sampai sore kelar, tapi tentu saja hanya sebentar-sebentar. Cukuplah untuk sekedar menciptakan foto-foto yang Instagramable sambil meresapi indahnya Surabaya.



20 komentar

  1. Baru tau kalo mbak itu arek suroboyo yaaa, saya belum pernah ke Surabaya mbak, pgn banget bisa keliling Surabaya.

    BalasHapus
  2. Wow...keren.
    Aku sudah kunjungi semua.
    Tambah lagi monkasel dan musium santet....pasti seru.

    BalasHapus
  3. Ternyata mak Icoel dari Surabaya toh, baru tau hihi. Aku belum pernah pergi ke 5 tempat ini.

    BalasHapus
  4. Rumah nenekku di Kenjeran, jadi dah familiar dgn nama itu tp blom sekali pun main sampai pantainya. Juli lalu cuma jemput tas di parkiran ��

    BalasHapus
  5. Lumayan buat referensi jalan jalan di surabaya :)

    BalasHapus
  6. Dari lima di atas saya cuma pernah ke Suramadu :D

    BalasHapus
  7. Wah keren keren ya mak icoel... Btw mb iparku rumahnya di surabaya jd klau kesana pengen jalan jalan ke tempat tempat inih xixiixxi

    BalasHapus
  8. belum pernah ke surabaya..semoga suatu saat nanti..aamiin..

    BalasHapus
  9. Mak Icoooel...
    Pengen atuhlah ke semua tempatnyaaaa...
    Tiap kali ke Surabaya pasti cuma sebentar dan gak pernah sempet jalan2 kemana2
    Cuma dapet gerahnya aja hiks...

    Pokoknya nanti pengeeen!

    BalasHapus
  10. asikkk..yg jalan2 ke Surabaya...

    BalasHapus
  11. taman bungkul dan suramadu. Itu aja :)

    BalasHapus
  12. bolak balik ke surabaya tapi belum ke taman bungkul, house of sampoerna dan tugu pahlawan hehehe....

    BalasHapus
  13. Sayang nya belum pernah mampir ke surabaya... tak coba deh kalo berkunjung ke surabaya...

    BalasHapus
  14. Seru mak pengn juga wisata ke sana. Aku belum pernah

    BalasHapus
  15. aku belum pernah ke surabaya :(
    pengen atuhlah mba ichoel hihihi...

    BalasHapus
  16. Seru mak pengn juga wisata ke sana. Aku belum pernah

    BalasHapus
  17. Surabaya selalu menyenangkan buatku, banyak peninggalan sejaraah. dari 5 di atas, yang aku blm petnah jembatan suramadu. huhuu

    BalasHapus
  18. bolak balik ke surabaya tapi belum ke taman bungkul, house of sampoerna dan tugu pahlawan

    BalasHapus
  19. Ternyata Surabaya punya banyak tempat yang instragramable ya....

    BalasHapus