Mau Ikut Tes EPS-TOPIK? Baca Buku Ini Dulu Ya!

Okey, sekarang ke KCC dulu, tahun depan baru ke Negara Oppa Gong Yo langsung ya 😅


Menyukai Kdrama sejak awal tahun millenium alias sekitar tahun 2000an, tapi baru kali ini masuk ke Korean Kulture Center karena diajak oleh Mak Liswanti menghadiri soft launching buku K-JOB KOREAN, EPS TopiK, “Test Employment Permit System Test of Proficiency Korea”. 

Sudah jadi bahasan di seluruh duania tentang bagaimana pesatnya perkembangan budaya Korea melalui Kpop dan Kdrama menginvasi banyak penikmat hiburan, terutama di kalangan remaja. Dan kalangan Ibu-ibu banyak waktu nonton drama seperti saya.


Ibu Eka Mutya, Dirut KLC

Sekarang banyak yang tahu siapa Super Junior, 2NE1 sampai EXO, BTS dan Wanna One. Atau Song Sueng Hun, Song Hye Kyo sampai Park Bo Gum dan Kim Saeron dan deretan nama opuler lainnya baik dari dunia drama maupun Idol.

Kemunculan mereka mempengaruhi keinginan banyak masyarakat dunia untuk mengetahui daya tarik Korea Selatan secara langsung dengan datang ke negaranya, termasuk Inodanesia. Tidak sekedar berwisata, tapi juga bekerja di sana atau ingin belajar dan kuliah di sana.

Mendengar Profesor Lucy Bae presentasi, serasa sedang mendengar dialog Drakor 😆

Saya sendiri dengan latar belakang keluarga yanng ayoritas adalah BMI di berbagai belahan dunia, sudah sangat jamak mendengar kalimat “Ape lungo nek luar”. Meski tidak ada rencana untuk mengikuti jejak bekerja sebagai BMI, tapi sering terlibat diskusi dengan keponakan yang sangat berminat untuk kerja sebagai BMI.

Dan tentu saja salah satu saran dan rekomendasi saya adalah Korea. Salah satu pertimbangan karena menurut saya kemajuan negaranya akan ikut membentuk pola dan sikap disiplin para pekerja seperti keponakan saya ini. Penghasilan juga lumayan, jika dibanding negara tujuan BMI lainnya, seperti Malaysia.

Dan undangan ini cukup membuat saya excited agar bisa membagi infonya untuk keponakan dan saudara yang lain yang berencana untuk bekerja di Korea Selatan.

Acara launching dibuka dengan nyanyian lagu dan sambutan Ibu Eka Mutya Yuliandarin, Direktur Utama KLC, perusahaan Konsultan Training dan Edukasi. KLC bekerjasama dengan Hanijemi perusahaan Edukasi Literasi asal Korea Selatan menerbitkan buku EPS Topik.

Mr. Lee Changhyun dari KOTRA 


Buku EPS TopiK terdiri dari dua bahasan utama, materi ajaran dan materi tes. Yang mana dalam buku EPS TOPIK diajarkan bagaimana cara belajar cepat dan cara agar dapat lulus dengan baik dalam EPS TOPIK. Dan tentu ini sangat penting untuk yang berminta tidak sekedar jadi wisatawan, tapi bekerja di Korea Selatan.

Terdiri dari 30 Chapters (EPS TOPIK 1) dan 20 Chapters (EPS TOPIK 2) dan 3 Mock test. Materi terfokus pada Vocabulary, Practice, Listening, Practice, Reading Practice dan Grammar (EPS TOPIK 2).

Jangan lupa beli bukunya ya 


Tapi, sebelumnya apa sih EPS Topik?

Yaitu ujian tingkat dasar berbahasa Korea paling dasar yang dilakukan untuk menguji kemampuan berbahasa bagi warga negara asing yang ingin bekerja di Korea Selatan. Yang mana tesnya dilaksanakan melalui sistem EPS.

Secara umum karena diperuntukan bagi tenaga kerja, tes EPS TOPIK berisi seputar materi yang lebih khusus seputar pekerjaan. Jadi jangan ketukar ya dengan TOPIK. Karena TOPIK hanya tes bahasa secara umum. Materi tes TOPIK lebih umum. Sedangkan EPS TOPIK lebih khusu untuk pekerja.

Ya, mau ke mana pun kaki melangkah di era global seperti saat ini, selain kemajuan teknologi, bahasa tentu yang utama menjadi alat komunikasi saling mengenal satu sama lain lebih dalam. 

Mr. Lee Changhyun dari KOTRA (Korea Trade Investment Promotion Agency) menyatakan dalam sambutannya, melalui materi yang disajikan buku ini, diharapkan menjadi langkah awal yang mudah untuk mengenal Korea Selatan.

Tidak sekedar peluang bekerja yang terbuak lebar, tapi juga peluang mendapatkan beasiswa dan Buku EPS TOPIK adalah salah satu sarana bantuan penunjang untuk lulus tes EPS TOPIK terang Profesor Jeoung-Sun Bae, Ph,D. Pedagogigs atau lebih dikenal dengan Profesor Lucy Bae.

Buku ini tersedia baik di Toko Buku Online seperti Gramedia dan Gunung Agung, juga tersedia di toko buku online. Mudahan sebentar lagi ada versi ebook ya di Google Play Book, untuk memudahkkan bagi pecinta ebook seperti saya 😊

Acara launching kemarin juga diwarnai keseruan games untuk peserta yang hadir, yang dikerjai ringan oleh MC tengilnya. Dan pemenangnya dapat Buku K-JOB EPS TOPIK. Bikin iri dah, tau gitu saya ikut maju *lol*

Jadi para penggemar Budaya Korea, sudah siap terbang dan bekerja atau belajar di Korea? Jangan lupa persiapkan diri mulai sekarang sebaik-baiknya untuk melebur dalam persiangan ketat peminat yang setiap tahunnya meningkat mencapai 4000 orang setiap tahunnya.

3 komentar

  1. waaah... aku punya mbak di rumah
    yang ngefans banget sama EXO, tante

    nanti aku bilangin, biar dia les bahasa korea dulu di situ ya
    hhahahhaa

    BalasHapus
  2. Tak hanya peminat Kpop semakin tahun meningkat, peminat pekerja ke korea jg bertambah ya..
    Wah pengen beli bukunya juga nih

    BalasHapus
  3. kalo aku suka banget sama drama koreanya. pengen juga beli bukunya hehehe

    BalasHapus