Jumat, 09 Desember 2016

Ungkapkan Cinta dengan LOVE HI5

“Icha paling suka kalau Rabu Ceria, main ke taman dan menari bareng. Guru tari kami namanya Miss Tari”

Kisah yang dirangkaikan Alisha saat baru-baru masuk ke TK dulu. Dua tahun yang lalu. Setiap rabu minggu pertama jadwal di TK adalah bermain out door, jalan-jalan ke taman yang ada di kawasan kami tinggal. Di sini anak-anak diajak olahraga, menari dan bernyanyi. Kegiatan ini dinamai Rabu Ceria.

Menari dan menyanyi memang merupakan bagian tak terpisahkan dari aktivitas anak-anak, karena merupakan bagian dari bermain. Namun tentu banyak yang menyadari pula, menari dan menyanyi tidak sekedar tentang bermain saja.Tetapi fungsinya lebih dari itu.

suka menari sejak kecil
Dari yang pernah saya pelajari di beberapa diskusi di talkshow-talkshow parenting atau baca dari berbagai sumber, menari dengan diiringi musik mampu meningkatkan kemampuan otak anak secara maksimal. Meningkatkan rasa empati dan meningkatkan kepedulian. Juga gerakan yang dinamis dari tarian akan membantu melatih konsentrasi  dan fokus anak.

Sebagai contoh, Alisha akan menari dan menggoyangkan tangannya saat melihat anak kecil menangis dan itu dia lakukan sebagai usaha untuk menghibur agar si anak bisa segera diam. Di lain waktu dia menari sambil mengajak teman-temannya mengikuti, sambil bergerak dia mengingat gerakan apa saja yang telah dia pelajari dari Miss Tari.

Atau dia pernah menari yang entah tarian apa, yang pasti gerakannya tak beraturan. Tapi diakhir gerakan dia melingkarkan tangan membetuk tanda Love di atas kepala. Dan dia bilang ke temannya “Ini artinya tarian ungkapan cinta. Aku diajari mamaku”.

Kalau ini jujur saya ajari dari gerakan yang ada di drama Korea. Jangan protes ya karena saya menebarkan virus ke Korea ke anak saya. Padahal tidak pernah sukses, ya Cuma satu gerakan ini dan kiyomi saja yang dia mau ikuti. Yang lain-lain, dia akan menjawab “Mama mah Korea mulu...Korea mulu” :D

Ya, Alisha memang tidak tertarik sama sekali dengan hal berbau Korea kecuali satu hal, yaitu kartun Pororo. Yang lain-lain dia lebih suka Disney. Terutama saat dua tahun belakangan kami berlangganan TV kabel di rumah. TV dikuasai oleh Channel Disney Junior setiap hari. 

Dan ada satu acara di Disney Junior yang selalu dia ikuti yaitu High Five. Di rangkaian acara selalu ada tarian yang dilakukan beberapa orang dewasa membentuk L.O.V.E dan diikuti nyanyian bersama. Alisha selalu mengikuti di depan TV saat tarian ini berlangsung.

Awal-awal berlangganan, dia sempat bertanya “Apa arti lagunya?” secara bahasa English semua yah, dan saya memjawab semampunya. Bahwa tarian ini bermakna ungkapan cinta, di mana bisa menunjukan cinta ke mama misalnya sambil nari & nyanyi lagu ini.

Suka meniru tarian L.O.V.E...HI5
Bisa dibilang, karena lagunya menggunakan English, Alisha hanya hapal di bagian “L...O...V...E” dan teriakan “High Five” sambil selalu lari ke saya dan mengajak saya tos High Five. Terkahir ditutup dengan pelukan dan kalimat “Icha LOVE sama mama”. Tapi ini sudah cukup membuat saya bahagia sampai tingkat tertinggi :D

Menari dan menyanyi memang ungkapan terbaik mengeskpresikan banyak hal untuk anak-anak. Bagi saya sendiri sebagai orang tua, mengajarkan menari baik secara langsung dengan menari bersama ala-ala, maupun tidak langsung yaitu dengan memilihkan dan mengijinkan Alisha menikmati tontonan seperti High Five. Baik via TV Kabel maupun youtube merupakan sebuah investasi masa depan, menjadikan anak hebat dalam perjalanan tumbuh kembangnya dari masa anak-anak hingga dewasa.

Anak-anak adalah peniru sejati, apa yang dia lihat itu yang dia tiru. Sebagaimana Alisha suka menirukan tarian HI5 dari Channel Disney Junior dan menutupnya dengan ungkapan cinta ke saya. 


Sebagai mana banyak dipaparkan psikolog anak dalam berbagai seminar dan workshop parenting yang pernah saya hadiri, bahwa berdasarkan teori Howard Gardner terdapat 8 kecerdasan majemuk anak yang salah satunya adalah musikal (meski belakangan ada pula artikel yang menyatakan bahwa ada 9 kecerdasan majemuk salah satunya di sini) yang bilamana terstimullasi dengan baik, maka akan memaksimalkan kecerdasan IQ dan EQ anak.

IQ yang berkembang maksimal akan membuat anak mampu berfikir dengan baik. Mudah dan cepat menangkap pelajaran, meski tidak paling tinggi tapi nilai-nilai calistung dan pencapaian belajarnya sangat lumayan. Tidak pernah di bawah rata-rata. Cepat paham berhitung juga. 

Kecerdasan emosional (EQ) antaranya mulai kritis dan banyak ingin tahu. Saat saya menanyakan banyak hal Alisha sudah mulai bisa menjawab dengan baik bahkan terkadang ditambahkan argumen. Bahkan terkadang jawaban Alisha menjadi pertanyaan balik yang dia tanyakan kepada Saya sambil mengerutkan kening. 



Nah, untuk mendukung Ibu-Ibu di Indonesia menghasilkan anak hebat, Bebelac menggerakkan kampanye menari untuk ungkapkan cinta melalui kampanye Grow Them Great Bebehero Hi5. Sebuah gerakan untuk mengajak para Ibu menstimulasi buah hati menjadi anak yang hebat yaitu cepat tanggap dan juga mempunyai rasa peduli sesama. Kegiatan ini ditujukan untuk anak berusia hingga 5 tahun, mengungkapkan cinta melalui tarian L.O.V.E HI5.

Orang tua diajak merekam ungkapan cinta buah hati untuk orang-orang terkasih dengan menari L.O.V.E HI5 dan membagikan ke social media. Kampanye berakhir pada 30 Oktober 2016 lalu. Bagi yang ingin melihat aksi anak-anak Indonesia mengungkapkan cinta dengan menari L.O.V.E HI5 bisa lihat langsung di wall Fan Page Bebeclub atau di Instagram dan Twitter melalui #Bebehero #GrowThemGreat.

Dan bisa juga langsung buka Bebeclub Growthemgreat  untuk melihat aksi hebat anak Indonesia mengungkapkan cinta dengan menari L.O.V.E HI5.

Bebehero memberikan reward untuk video terbaik dan  inspiratif berupa jalan-jalan bareng keluarga ke Singapura, Official Merchandise dari Hi-5 dan Voucher Belanja jutaan Rupiah, serta  meet & greet dengan rombongan HI-5 pada bulan Desember 2016. 

Jadi siapa yang kemarin ikut kompetisi Bebehero HI5? Yuk pantengin terus timeline Bebeclub.co.id. Untuk yang kemarin terlewat belum sempat ikutan, juga pantengin terus agar tidak ketinggalan info dan promo menarik lainnya. Suka banget dengan aktifitas seru yang diselenggarakan oleh Bebelac dalam mensupport kegiatan buah hati kita.
  
Yuk! Berbagi Cinta melalui Hebatnya Menari. 

17 komentar:

  1. Korea mulu,hahaha....
    Tunggu SMA ya nak,pasti dah mulai suka Korea

    BalasHapus
  2. Alisha tidak mengikuti jejak emaknya hahaha. Pinter amat narinya, Alisha <3

    BalasHapus
  3. Asyiknya Alisha jago menari sejak kecil. Biasanya pas gede makin percaya dirinya :)

    BalasHapus
  4. Icha pinter nari dan mengungkapkan rasa cintanya pada Bunda ya..

    BalasHapus
  5. Anakku juga suka acara disney yg nyanyi2 itu mba :D. Aku aja pernah nonton sekali, hrs ngakuin, lagu2 nya asyik dan tariannya gampang juga ditiru.. Makanya anakku seneng.. Kenapalah jaman ku dulu blm ada acara gini yaa :p

    BalasHapus
  6. menari bagi orang dewasa juga bagus , aku masih menari sampai saat ini, tubuhku lbh fresh

    BalasHapus
  7. Anak kecil tuh paling suka nari yang membentuk love di atas kepala ya, mak hihihi
    Lucu
    Aku dulu suka menari,sekarang badan suka pegel-pegel klo ngikutin anak menari, tanda kurang olahraga nih T.T

    BalasHapus
  8. Arsyad juga sukaa banget sama LOVE-nya Bebe Love.. tapi belum fasih ngikutin gerakannya kadang malah lompat-lompat ajaaa

    BalasHapus
  9. Aku senyum-senyum sendiri waktu baca Icha mengakhiri tariannya dengan peluk dan ucapan, "Icha love sama mama."
    Lucuuu, pasti bahagia banget dengarnya ya, Mbak hehehe
    Btw, roknya Icha lucu banget. Jadi mau :(

    BalasHapus
  10. Hihihi senyum2 pas bagian Icha gak suka drakor kecuali pororo :))

    BalasHapus
  11. EQ lebih penting daripada IQ ya bun?

    BalasHapus
  12. Raya suka banget nari L.O.V.E iniiiih! Setelah joged langsung meluk aku & berasa banget bondingnya :)

    BalasHapus
  13. Aku lelah kalo nonton drakor, bawaan nya penasaran mulu. Itu ngak kasihan anak2nya ntr ikutan penasaran apa aja hahahah #kabur

    BalasHapus
  14. Untungnya Icha cuma suka lihat pororo hahahahaha, jangan ketagihan drakor kayak mama ya sayang :)

    BalasHapus
  15. anakku biarpun cowok suka joged LOVE, hehe maklum baru 2 taun ... dan aku suka meleleh klo dia joged LOVE

    BalasHapus
  16. Tarian cinta untuk bunda kata Icha ya Mak Icoel?

    BalasHapus