Aksi Polisi Cilik di Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station KidZania



Bagi anak-anak, bermain adalah dunia mereka. Tapi terkadang tinggal di kota besar yang lahan bermain sangat minim. Halaman tinggal beberapa senti saja sulit untuk anak-anak bereksplorasi banyak untuk meningkatkan imajinasinya agar berkembang maksimal dan memberi pengaruh signifikan untuk pertumbuhannya ke depan.

Karena bermain adalah salah satu media untuk anak-anak belajar banyak hal, mulai berinteraksi dan bersosialisai dengan teman-temannya, lingkungannya. Belajar memahami satu sama lain, yang akan menumbuhkan empati, kualitas emosional anak dan harapan serta cita-citanya ke depan.

Bermain adalah salah satu media stimulasi dini bagi anak, yang akan mempengaruhi tumbuh kembangnya hingga masa depan.

Dan kewajiban orang tua memberikan permainan yang baik dan mengandung nilai edukasi ke buah hati.

Peresmian Establishment Larutan Cap Kaki tiga Anak



Hal inilah pangkal kreatifitas baru bagi banyak pihak, seperti menciptakan wahana bermain untuk anak. dan sebagai orang tua, tentu saya dan orang tua lain akan berpikir yang sama. Memilih wahana yang tepat untuk anak, yang tidak hanya sekedar bermain tapi juga mengedukasi, salah satunya seperti KidZania.

KidZania sendiri adalah salah satu wahana bermain anak yang yang sudah hadir di berbagai kota besar dunia, termasuk Indonesia di Pacific Place Mall SCBD Jakarta, menyediakan berbagai tempat untuk anak mengenal berbagai profesi yang selama ini sering mereka “imitasi” dalam berbagai permainan dan mereka cita-citakan dalam imajinasi mereka.

Konfrensi Pers Peresmian Establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak



Tidak hanya mengenalkan konsep Profesi, tapi juga mengenalkan konsep produsen dan konsumen. Seperti “Kalau kita naik taksi, berarti harus membayar”, “Kalau ke salon ya harus bayar”. Tapi kalau bekerja jadi tukang salonnya, berarti dapat bayaran (gaji), kalau jadi pegawai pemadam atau jadi Polisi ya dapat gaji.

Jadi Polisi Yang Baik ya, setelah lelah menangkap penjahat, nanti langsung minum Larutan Cap Kaki Tiga Anak 


Pada 3 Juni 2015, Larutan CapKaki Tiga Anak (PT Kino Inodnesia) yang diwakili Bapak Deny Cahyo, GM Marketing PT Kino Indonesia dan Bapak Kerry Riza Presiden KidZania Jakarta (PT  Aryan Indonesia) dalam misinya mengedukasi anak Indonesia melalui permainan, menandatangani peresmian  kerjasama dengan dibukanya establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station. Kerjasama ini juga ditandai dengan penyerahan rekor MURI kepada Larutan Cap Kaki Tiga Anak sebagai minuman pereda panas dalam anak pertama di Indonesia.

Yang jahat akan dikurung di sini lo :)


Dihadiri oleh Brand Ambassador Larutan Cap Kaki Tiga Anak Umi Pipik, establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Stasion resmi dibuka.

Beruntung saya bisa hadir dalam peresmian establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini bersama sahabat blogger lainnya. Mengajak putri kecil saya Alisha yang langsung excited saat mulai menginjakan kaki di KidZania, tak sulit bagi saya untuk menjelaskan berbagai edukasi yang ada dalam setiap permainan yang diikutinya selama di KidZania. Termasuk ke Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station.

Polisi Juga Harus Bekerjasama dengan Para Hakim


Tentu sudah tidak asing lagi dalam keseharian kita, bahwa Polisi adalah salah satu cita-cita mainstream yang paling banyak disebut anak-anak saat ditanya “Kalau besar mau jadi apa?”. Yang dalam bayangan sebagian besar anak tugasnya hanya “Menangkap penjahat” tanpa tahu secara pasti bagaimana prosesnya.

Seperti yang dijelaskan Bapak Deny Cahyo, Bapak Kerry Riza dan ditegaskan oleh mbak Maya Kenova, GM KidZania bahwa bermain establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini anak-anak akan berperan menjadi Polisi lengkap dengan seragam serta berada dalam ruang kantor Polisi dengan berbagai alat investigasi seperti komputer untuk mengumpulkan data, diajarkan proses menemukan penjahat  yang telah mencuri formula Larutan Cap Kaki Tiga Anak melalui beberapa clue yang diberikan, mengumpulkan bukti dan menyimpulkan lokasi. Di mana hal ini akan mengajarkan anak-anak :

  • Mengembangkan logika berpikir, karena diajarkan “orang yang diadili adalah yang benar-benar bersalah berdasarkan bukti yang ada”
  • Mengembangkan kekuatan berfikir, bahwa “Kalau jahat, maka harus dihukum”.
  • Menumbuhkan pikiran ke anak-anak, bahwa menjadi Polisi berarti menjadi orang yang baik dan menangkap yang jahat. Dengan edukasi ini, anak diharapkan akan selalu berlaku baik dan memiliki perasaan empati dan peduli serta memiiki perasaan melindungi pada lingkungan sekitarnya.
  • Di sesi terkahir permainan, anak-anak akan diberi Larutan Cap Kaki Tiga Anak. Memberikan gambaran tentang kekuatan dan kesehatan tubuh, untuk bertugas tubuh mereka harus sehat dan kuat. Dan setelah bertugas, lelah dan kondisi panas bisa berakibat pada panas dalam, maka mereka harus menjaga kesehatan dengan diberikan Larutan Cap Kaki Tiga anak yang tersedia dalam tiga rasa. Strawberry, jeruk dan leci.


Di establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak, selain kantor Polisi juga ada ruang tahanan dan ruang pengadilan. Menurut saya hal ini juga akan mengembangkan Logika anak tentang Polisi yang tidak bisa bekerja sendiri, mereka tetap harus menjalin kerjasama dengan pihak penegak hukum lain.



Dan saya menangkap keingintahuan anak saya saat bertanya “Kenapa penjahatnya harus dibawa ke pengadilan?” yang menandakan setelah bermain, pikirannya langsung mengembangkan imajinasi kuat. Juga tentang ruang penjara yang dikomentarinya “Penjaranya kecil, penjahatnya tidur sendirian” dan saya jawab “Makanya harus jadi anak baik, kalau jahat nanti kaya itu (menunjuk ke arah penjara KidZania) nggak punya teman. Sendirian di dalam”

Menurut saya konsep edukasi yang dihadirkan establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak sangat keren dan tepat. Menambah refrensi imajinasi anak saat ditanya “Apa cita-citamu?” dan menjawab “Jadi Polisi” maka anak akan memiliki imaginasi yang luas. Tidak sekedar tentang menangkap penjahat, tapi juga tentang semangat bekerjsama dengan pihak penegak hukum lain, yang akan menimbulkan rasa tanggung jawab akan kebersamaan. Bagaimana menangkap penjahat yang benar. Dan ini bisa akan menjadi stimulasi dini maksimal untuk anak pengembangkan daya pikirnya yang pasti akan memberi pengaruh dalam tumbuh kembangnya.

Masih bingung mau ajak anak liburan ini kemana? Yukk, segara ke KidZania Jakarta dan jangan lupa bermain ke establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station. Jadikan liburan bersama buah hati bermanfaat ya mak, Bunda, Mommy dan Ibu-ibu sekalian. Bermain fun dengan gembira sambil belajar tentunya.

Selain Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station juga tersedia beragam profesi lainnya yang bisa diperankan oleh buah hati yaitu pemadam kebakaran, foto model, dokter gigi, Pilot dan lain-lain.
Yang menarik, terkadang satu profesi saling terkait. Seperti saat membuat SIM dan menggunakanhya untuk mengendarai mobil, Alisha bertanya “Kenapa harus punya SIM untuk mengendarai mobil?” dan saya jelaskan “kalau tidak punya berarti melanggar hukum dan bisa ditangkap Polisi yang di sebelah sana”.

Dan satu hal yang juga penting, di peresmian establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak ini saya jadi tahu makna dari “Kaki Tiga” yang digambarkan 3 kaki melingkar. Ternyata yang ke atas adalah ajaran kehidupan yang harus bersumber pada Sang Maha Pencipta, yang arah ke bawah yaitu tentang kerja keras dalam kehidupan untuk mencapai kesuksesan dan yang ke samping menggambarkan tentang kerendahan hati yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Istilahnya “Ingat...di atas langit masih ada langit”. Sangat filosofi.

Dan akhirnya terima kasih PT Kino Indonesia bersama Larutan Cap Kaki Tiga Anak-nya telah bergandengan tangan bersama KidZania Jakarta menghadirkan establishment Larutan Cap Kaki Tiga Police Station untuk ilmunya hari ini, baik saya sebagai Ibu maupun putri saya telah mendapatkan edukasi yang maksimal di acara ini.



24 komentar

  1. jadi anak-anak tahu tugad polisi sesungguhnya ya, bukan hanya nilang aja di jalan hehehe

    BalasHapus
  2. bermain memang dunia anak2, setuju banget mak....
    anak2 saya sangat suka minum minuman larutan cap kaki tiga anak ini :)

    BalasHapus
  3. Asyiiiiiknyaaaaaaa *gigitLaptop* di Surabaya belum ada Kidzania mak.
    Moga2 deh, aku ama Sidqi bisa melancong ke Batavia :)

    BalasHapus
  4. Ahhh di Surabaya belum ada kidzania lagi menunggu kehadirannya. Banyak loh orang sby yang anak2nya penasaran sama kidzania terus liburannya ke Jakarta, niat habis.

    BalasHapus
  5. wahh puas banget mak waktu itu bawa anak ke sana...sayangnya anakku belum cukup umur utk main di kidzania police station cap kaki tiganya..

    BalasHapus
  6. Alisha kok nggak foto sendiri? Pasti seneng banget ya main polisi2an. Cucok jadi polwan :)

    BalasHapus
  7. anak2 banyak belajar di kidzania ya, Mbaaak.

    BalasHapus
  8. Wah seru. Anak-anak selalu senang kalo dibawa ke Kidzania...

    BalasHapus
  9. Mengajarkan tanggung jawab kepada anak sejak dini ya Mak. Keren ...

    BalasHapus
  10. Wahana permainan di Kidzania semacam simulasi ya Mbak... Setelah diajak bermain2 anak2 langsung mengembangkan imajinasinya terhadap permainan yg telah mereka mainkan tadi...

    BalasHapus
  11. kebayang icha jd polisi2n...psti jd polisi yg lincah dan gak mau diem ^_^

    BalasHapus
  12. Serunya ya di Kidzania ini. Dari dulu pingin ngajak anak-anak ke sini, tapi nggak pernah kesampaian pergi Jakartanya. Sekarang mereka sudah gede2, ini cocoknya buat anak2 yang masih SD ya mak. Ada batasan umurnya nggak, maksimal berapa tahun?

    BalasHapus
  13. sudah aku folbek ya mak Icoel cayang :)

    BalasHapus
  14. lucu... anak-anak jadi polisi... hehehehe :) Salam kenal Mbak... :)

    BalasHapus
  15. Mak Icoelllllkkk.. Maapkan br sempet mampir dimarih.. Aku follow yahhhhhh :D

    BalasHapus
  16. serunya bisa bermain di Kidszania :)

    BalasHapus
  17. Wah, asik banget. Pengalaman seru buat anak anak jadi bisa ngerasain langsung. Kidzania di Indonesia baru Jakarta aja ya mbak?

    BalasHapus
  18. asyiknyoooo main di kidzaniaaaa..
    mdh2an kesampean nanti kl anakku udah lahir *LAHH lama amattt nunggunyaa

    BalasHapus
  19. mainan anaksekarang seru2 ya. belum pernah kesampean maen ke kidzania, hiks

    BalasHapus
  20. Hawna gak mau nih main jadi polisi di wahana polisi ini waktu ke kidzania...hahhaha..dia takut ama penjahatnya

    BalasHapus
  21. mak, ngiri! di cilegon belum ada kidzania. harus ke jakarta dulu berarti nih..

    BalasHapus
  22. Ahhh jadi pingin cepet-cepet bawa anakku ke Kidzania ini ya mak. Sekarang masih kekecilan mau diajak. Makin seru kayaknya. :D

    BalasHapus
  23. Seru bangeeet main di sini.. Siapa yang jadi polisi baiiiik :)

    BalasHapus