Menyambut 2015 Bersama Alam

Melewatkan Pergantian Tahun Bersama Mereka :D

Selamat Tahun Baru 2015, mari selalu berjuang menjadi lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Semoga tidak terlambat ya mengucapkan Selamat Tahun Baru, karena Januari belum berakhir :D

Waktu begitu cepat berlalu, serasa baru kemarin menikmati malam tahun baru di tengah kepadatan kendaraan dengan deru mesin yang mengalun di telinga, diiringi semburan indah kembang api ke angkasa di langit Jakarta. Kini tanpa terasa sudah memasuki awal 2015.



Menikmati Kesejukan Pertama di Awal Tahun

Tahun ini saya menikmati waktu libur dan melalui awal pergantian tahun di sebuah Ibu Kota Kabupaten kecil tempat saya tumbuh dan dibesarkan oleh keluarga tercinta. Kabupaten Tanah Laut yang berIbu Kota Kecamatan Pelaihari adalah sebuah kota kecil yang dikelilingi hamparan gunung dan bukit hijau yang mempesona.

Dan malam pergantian tahun ini saya lewati dengan suasana sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini saya memutuskan mengikuti sahabat-sahabat Pecinta Alam Orpala (Organisasi Pecinta Alam) Tupan Meratus (OTM) yang sedang melaksanakan kegiatan Latdas Anggota Muda di Desa Bajuin.
Sarapan Pertama 2015 :D

Sebuah Desa dengan potensi wisata yag sangat menjanjikan apabila seandainya dikelola dengan baik, karena menyajikan keindahan air terjun, Goa Marmer, sungai bebatuan dan pepohonan hijau yang masih setia memberikan oksigen bersih untuk kita yang hadir menyambanginya.

Meski tidak bisa ikut full 5H4M dan hanya bisa hadir pada malam terkahir saat pelantikan, hal ini tidak mengurangi kegembiraan yang saya rasakan. Sepanjang tahun berkutat dengan rutinitas sebagai Ibu rumah tangga diselingi eksis jadi bikers di padatnya jalanan Jakarta, menikmati tidur di kelilingi pepohonan hijau yang tinggi dengan dedauanan hijau, ditemani suara aliran air sungai yang terdengar jelas di telinga saat keheningan malam mulai menyapa sungguh sebuah suasana yang benar-benar indah untuk dinikmati.

Datang menjelang senja, disambut hangat senyum dan keramahan khas “Pasukan” Orpala dan menyaksikan beberapa “alat perang” khas Latdas baik untuk peserta maupun panitia, cukup membuat saya terkesima. Masih terasa bagai 14 tahun yang lalu.

Sambil merangkai kenangan hampir 14 tahun yang lalu saya dan teman-teman dari angkatan pertama OTM melalui proses yang sama dengan anggota baru ini. Melewati berbagai latihan sebagai tahapan meresmikan diri menjadikan anggota OTM. Dan melihat mereka saat ini, nostalgia “Aku pernah di posisi mereka” melintas di kepala.

Hingga malam menjelang, saatnya api unggun menyala menjadi satu-satunya cahaya di tengah kami, langit yang dalam gelap malam justru tidak telihat pekat, mengiringi sumpah dan janji para Anggota Muda OTM untuk menyeimbangkan hidup pada Sang Pencipta, alam dan sosial sekitarnya.

Pagi saat membuka mata, disambut harum embun yang lembab. Sungai yang menunggu dengan arusnya yang bersahabat diiringi gemericik suara air mengalir melewati bebatuan membuatnya bagai aransemen musik indah di telinga.
Selfie & Narsis Pertama 2015

Dan dalam balutan dinginnya air sungai di kaki, saya ucapkan “Selamat Datang 2015” dalam hati. Semoga selalu memberi harapan dan kebahagiaan yang lebih baik.


Dan saya bahagia melewati pergantian tahun ini bersama alam yang akan selalu membuka “Tangannya” menerima kita semua dan bersama keriuhan sahabat OTM. Yang mana ini kesempatan langka, belum tentu tiap tahun saya bisa ikut nimbrung seperti ini. Meskipun sedikit mati gaya tidak ada sinyal (trus dijitak founder OTM), tapi tak mengurangi kebahagiaan yang berbalut dalam kenangan dalam hati :D

41 komentar

  1. alam mendekatkan diri pada Tuhan ya mak..
    saya kalo liat gunung tinggiiii, atau ombak bergulung-gulung suka jadi merasa keciiiiiil :) dan Tuhanlah Yang Maha Besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul mak, liburan selain untuk refresing diri juga merupakan sebuah kegiatan membangun kesadaran bahwa kita hanya salah satu makhluk kecil di alam ini ;)

      Hapus
  2. bisa tergambar, alam yg sejuk dan asri, akan menambah kedamaian hati ya mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sangat damai dan menenangkan...

      Hapus
  3. Maak ... dirimu tampak makin muda di alam terbuka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa, dan aku akan sering2 menjelajah alam deh :v :v

      Hapus
  4. bagus juga ya mbak menyambut 2015 bersama alam ini bisa bikin kita damai berkat suguhan alam yang indah dan sejuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seimbang aja sih, tahun lalu berjibaku dgn bisingnya Jakarya, tahun ini jadi sangat berbeda dan terasa kesejukannya jadi nyata ktn jarang2 menikmatinta ;)

      Hapus
    2. nuansanya makin bagus aja nih pasti di tahun 2016 :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hahaha, makte nanyanya langsung kesono, tau banget ni klo emaknya ngeksus sendiri :v :v

      Hapus
  6. Huaaa enaknya pemandangane masih segerrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangattt Cha, serasa benar2 menyatu ke tubuh ;)

      Hapus
  7. semuanya yg pertama ya mak...keren poto selfienya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, hari pertama 2015...tak dilewatkan untuk menikmati "pertama" <3

      Hapus
  8. alhamdulillah awal tahun dimulai dengan kegiatan yg menyenangkan yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, bersyukur banget busa menikmati hal2 yang berbeda...

      Hapus
  9. Makkk itu sejuuukk banget ya disana. aduuuh pengen juga bertualang dialam bebas begitu

    BalasHapus
  10. Waaaa asiknyaaaa. Tp kayaknya icha beda deh, dia cewek metropolitan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohoho...sebentar lagi anak ku akan ku racuni alam mak Lusi :D

      Hapus
  11. Keren nih, emak.
    Suka petualang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sangat suka, cuma waktu & dana saja yang kurang bantak hahaha :))))

      Hapus
  12. kapan2 ajak akuuu ke banjarmasinnnn *berasa dibilehin aja sama laki ejke*

    BalasHapus
  13. Diihhh, ijinnya dengan maniess duonggg :P

    BalasHapus
  14. aku juga kepingin nyempluuung ke air

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. saya kalo liat gunung tinggiiii, atau ombak bergulung-gulung suka jadi merasa keciiiiiil :) dan Tuhanlah Yang Maha Besar

    BalasHapus
  17. wuu... seru banget tuh kayaknya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya apalagi yang ada di sungai2 itu :D

      Hapus
  18. Tahun baru ini rencananya apa lagi ya mbak?? semoga seuu lagi ^^

    BalasHapus
  19. meskipun telat wkwk tapi masih mau ngucapin selamat tahun baru kakak :)
    semoga di tahun berikutnya lebih seru lagi wkwk
    back to nature :D

    BalasHapus
  20. waah... ini nih... kegiatan yang sangat positif banget... :D smangat terus kak ^^

    BalasHapus
  21. Seru banget pemandangannya bikin adem..

    BalasHapus
  22. wow... asik dan seru banget tuh kayaknya

    BalasHapus
  23. Tahun baru memang momen berharga yang sayang banget buat dilewatkan

    BalasHapus
  24. Waaaa asiknyaaaa. Tp kayaknya icha beda deh, dia cewek metropolitan :D

    BalasHapus