Sabtu, 06 Desember 2014

Tidur Berkualitas Bersama Soothe & Glow Seahorse



Assalamu’alaikum...

Kembali mengajak semua sahabat blogger  dan pembaca blog Icoel’s Story mengulik tentang aktifitas dan kebutuhan anak, terutama anak balita degan aktifitas tidur mereka. Semua orang tua, termasuk saya pasti setuju tidur salah satu kebutuhan penting untuk anak. Bisa kita lihat, saat anak kekurangan waktu tidur, cenderung akan rewel dan gelisah.



Tapi tidak semua anak bisa ditidurkan dengan mudah. Saya ingat waktu Alisha bayi, masih sangat mudah menggiringnya untuk tidur hanya dengan memberinya ASI. Tapi memasuki usia 6 bulan sudah mulai banyak aktifitas gerak, seperti merangkak, berputar di lantai, kasur, Alisha sudah mulai susah ditidurkan sesuai jadwal rutinnya. Dan kalau sudah begini biasanya saya akan meminta ayahnya untuk menggedongnya dengan sarung sambil dinyanyikan lagu-lagu. Dan hobi suami saya adalah menyayikan tembang-tembang Jawa yang bergenre cukup melow di telinga.

Ibu Tan Shu Mei, Ibu Ita & Chaty Sharon

Sebenarnya ada satu aktifitas lagi yang membuat Alisha bisa tidur dengan mudah saat sudah beranjak besar. Yaitu dalam perjalanan di atas sepeda motor. Tidak perlu menunggu sepeda motor berjalan hingga setengah jam, cukup 5-10 menit dalam perjalanan dia sudah langsung tidur. Tapi kalau tidak sedang dalam perjalanan saya tidak pernah membiasakan aktiftas ini, kuatir saat suami tidak ada di rumah dan saya tidak bisa membawanya sendirian menggunakan sepeda motor. Bisa-bisa yang terjadi Alisha tidak bisa tidur dan rewel terus.

Tapi bagaimana kalau suami sedang tidak ada dan saya susah menidurkannya? Karena saya orang yang banyak malasnya, maka cukup adu kuat dengan memberinya ASI. Prinsip saya, biar sampai 1 jam lebih tidak apa-apa memberinya ASI terus, nanti juga kalau capek dia akan tidur sendiri. Tapi dampaknya saya lumayan capek juga. Terutama saat Alisha tidak kunjung tidur, justru saya tertidur :D
Melisa Karim Bersama Soothe & Glow Seahorse

Nah, beberapa hari lalu saya kembali berkesempatan megahadiri Launching Soothe & Glow Seahorse Fisher-Price di Toys Kingdom Grand Indonesia. Jadi tahu lebih lengkap apa saja sih fungsi utama tidur untuk buah hati, terutama saat masih usia balita dari pakarnya langsung Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjoyo, Psi.  Tidur tidak sekedar meredakan rewel karena lelah tapi juga mengoptimalkan perkembangan otak bayi yang mana ini ditunjukan oleh beberapa penelitian bahwa saat tidur otak bayi akan secara aktif menstimulasi diri khususnya selama tidur REM (Rapid Eye Movement) atau fase tidur aktif.

Pada usia 1-18 bulan dibutuhkan 15-18 jam tidur setiap harinya bagi bayi. Tapi banyak Ibu yang mengalami hal yang sama seperti saya juga rupanya, saat anak mulai aktif tumbuh dan terus bergerak, aktifitas tidur juga mulai ruwet, bahkan mempengaruhi siklus istirahat si Ibu sendiri. Hal ini juga diamini Brand Ambassador Fisher-Price Cathy Sharon, bahwa pengalaman tersebut juga dialaminya. Hem...mau seleb mau orang biasa kalau urusan ngurus anak sama saja ya semua :D

Gendong Sarung Pengantar Tidur Alisha :D

Dan ini beberapa tips dari hasil diskusi peserta Gathering Fisher-Price dengan  Ibu Ita untuk menidurkan buah hati :

  • Kondisi Ibu harus tenang, tidak stres, dalam koodisi nyaman. Karena kalau ini terjadi akan berpengaruh pada anak dan membuat mereka susah tidur.
  • Buat jadwal rutin, misal tidur siang jam berapa, tidur malam jam berapa  dan usahakan konsisten dengan jadwal ini.
  • Buat kondisi nyaman di ruang tempat menidurkan anak. Seperti kurangi intensitas cahaya ruangan.
  • Ibu, emak, bunda dan mommy sekalian harus fokus, jangan berkatifitas yang lain dulu. Seperti menidurkan sambil main gadget. Ini benar-benar larangan, karena cahaya gadget akan mengganggu, anak juga akan jadi tertarik untuk ikut memegang, bermain gadget.
  • Setiap anak memiiki kebiasaan dan kecenderungan yang berbeda, misal anak cenderung susah tidur cepat malam, tidak masalah membuatnya lebih capek di siang hari dengan mengajaknya banyak bermain. Sehingga saat malam anak akan cepat lelah dan mudah untuk tidur.
  • Kalau usia anak sudah agak besar masih mengalami susah tidur, utamakan komunikasi dengan memberi alasan yang logis pada anak. Contohnya anak yang masih tidur engan harus di gendong dulu, bisa menjelaskan kalau tulang ayah atau Ibunya sudah tidak terlalu kuat untuk terus menggendong karena dia sudah besar dan cukup berat.
  • Berikutnya kita bisa menciptakan suasana tenang dengan alunan musik lembut untuk menidurkan anak. Musik lembut yang menggambarkan suasana tempat menyenangkan misalnya suasana laut dapat meransang otak dan pikiran menjadi lebih tenang, sehingga anak lebih mudah utuk cepat tertidur. Dan untuk aktifitas ini Soothe & Glow Seahorse dari Fisher-Price adalah salah satu pilihan terbaik untuk pengantar tidur buah hati. Seperti yang saya terapkan pada Alisha. Yang diusianya sudah masuk tahun ke 5 terkadang masih susah untuk tidur, baik siang maupun malam.

Soothe & Glow Seahorse Membantu Orang Tua Mengantar Buah Hati Tidur :D


Saat pertama kali melihat Soothe & Glow Seahorse dia bertanya “Ini boneka apa?” saya mencoba mengobrol dengannya “Ini boneka teman tidur, ada musiknya keren” dan saya mengatakan padanya “Karena sekarang sudah ada Soothe, jangan nunggu Bapak lagi kalau mau tidur. Tidurnya ditemani Soothe saja ya”

Tidak langsung berhasil, malah hari pertama tetap menunggu bapaknya, minta gedong sarung sambil menggenggam Soothe & Glow Seahorse yang menyala dalam gendongan Bapaknya. Tapi tentu saya tidak menyerah, besoknya kembali saya ajak berkomunikasi dan dengan sedikit paksaan saya ajak dia tidur sambil ditemani Soothe. Meski harus memainkan Soothe hingga 4 kali putaran, akhirnya Alisha tidur juga. Besoknya saya kembali melakukan hal yang sama, memaksanya tidur ditemani Soothe sebelum Bapaknya pulang. Dan sudah seminggu ini mulai menampakan hasil. Kebiasaannya tidur menunggu Bapaknya, untuk minta digendong pakai sarung sudah mulai berkurang. 

Soothe & Glow Seahorse sangat ringan dan lembut,  saat diremas oleh anak akan menyala, mengeluarkan musik dengan nuansa laut yang lembut. Setelah 5 menit musik akan mati, lampu redup dengan sendiri. 

Untuk kualitas dari Soothe & Glow Seahorse sebagaimana yang dijelaskan Ibu Tan Shu Mei, Senior  Brand Manager – Infant & Pre-School, Mattel Southeast Asia, semua mainan yang dikeluarkan Fisher-Price sudah melalui berbagai tahap uji dan pemeriksaan ketat dalam hal kualitas serta memenuhi standart keamanan untuk anak-anak termasuk Soothe & Glow Seahoerse.  Jadi tidak perlu kuatir memberikan Soothe & Glow Seahorse pada anak bahkan bayi baru lahir. Memberi musik lembut pada mereka membantu menenangkan, merangsang pertumbuhan otak dan mempengaruhi perkembangan fisik, Kognitif dan sosial emosinya. Dengan soothe & Glow Seahorse membantu anak belajar mangatur diri untuk berhenti menangis, merasakan suasana tenang, dan memahami kapan suasana tenang untuk tidur.



Kontes #BayikuBobo

Untuk Emak, Ibu, Bunda dan mommy sekalian yang punya pengalaman seru saat menidurkan buah hati bisa dishare dalam bentuk video dan ikut kontes #Bayikubobo yang diadakan oleh Fisher-Price lo. Caranya cukup mudah kok, tinggal masuk ke  web bayikubobo dot com dan upload video yang menggambarkan pengalaman seru menidurkan buah hati. Setelahnya share video ke sosial media untuk mendapatkan like, dan ajak teman-teman yang lain ikut, ini akan menambah poin lo :D


Hadiahnya keren-keren, ada Paket Perawatan Baby Spa bernilai jutaan dari RH Baby Spa dan puluhan mainan keren dari FisherpPrice. Yuk, jangan sampai ketinggalan ya, kontes #Bayikubobo ini sampai 17 januari 2014. Untuk informasi lebih lengkap, juga untuk melihat berbagai informasi menarik dan bermanfaat lainnya bisa like dan follow sosial media Fisher-Price di Facebook Fisher-Price, twitter @FisherPrice_ID dan IG @fisherprice_id

Ingin tahu apa sih manfaat maksimal tidur bagi buah hati dan bagaimana ikutan kontes #Bayikubobo? Simak video berikut ini



36 komentar:

  1. aciik kontes again, meluncur sik ke tkp yo maak

    BalasHapus
  2. Kreativ banget inovasi bonekanya, bisa nyanyi. Ah besok2 nyiptain boneka yang bisa nyanyi buat Jomblo ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, nanti bagi aku klo sudah tercipta ya, buat pejengan :)))

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya, dan fungsinya itu oke lo yang terpenting ;)

      Hapus
  4. akhirnya tidur juga ya mak tanpa di gendong bapaknya ^^

    BalasHapus
  5. *toss* saya jg cmn modal asi buat nidurin anak hihihi...
    keren ih bonekanya...
    utk anak seumur jav kyny bisa jg pakai ini ya, supaya lbh berani tdr sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, untuk seusia Jav bisa kok, musiknya itu menemani anak tidur :D

      Hapus
  6. hehe ... kerjasama dengan bapaknya emang harus, mak. Pengalaman menidurkan bayi adalah hal yang seruu.
    anak-anak saya sdh kuliah dan ABG, and gak punya video mereka waktu kecil, mak.
    ohya, makasiiih banget sudah mampir ke blog saya, mak Icoel *kecup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul msk, kerjasama & komunikasi itu penting.
      klo nanti punya cucu jangan lupa postingan ini ya mak kekeke :D
      *kecup* jugaa <3

      Hapus
  7. di gendong dengan sarung, kayaknya ituh pengalaman masa kecil saya banget deh Mak.

    Sippp, sukses yaaa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, anak petempuan memang anak Bapak yaa mak :D

      Hapus
  8. Ya ampuun maaak icoel itu sarungnyaaa hahahaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, itulah Bapak & ansk, padahal anaknya dah segede apaa :)))

      Hapus
  9. Kirain promosi sarung gendong atau kasur bobok bayi biar emaknya gak repot.

    Informatif banget mbak. Makasih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, itu promo sarung makkk :)))
      Sarung plus Soothe & Glow Seahorse untuk pengantar tidur...

      Hapus
  10. acaranya asyik dan seru pastinya ya, apalagi bintang tamunya artis hehehe
    tapi memang betul mak, jika hendak menidurkan anak, konsisten waktunya, karena itu pengalaman saya. kalau tidur siang, setiap jam 12 harus sudah masuk kamar utk tdr siang :)

    BalasHapus
  11. Ikuuut ah....klo emaknya yg bobo boleh ga? Scra klo nidurin ank yg duluan angler emaknya wkwkwk

    BalasHapus
  12. Humor, kebiasaannya sedikit demi sedikit ya ngilanginnya.. :)

    BalasHapus
  13. Duuh.. temuan baru bikin mudah yaa...Nanti beli buat cucu aja dehh :)

    BalasHapus
  14. likenya diman?? sini tak like :D

    BalasHapus
  15. alhamdulillah ga sarungan lg ya makkk... hihi...

    BalasHapus
  16. ya ampun, itu gendongan sarungnya hehehe

    BalasHapus
  17. wah acaranya kayaknya seruu abis ya mbak...

    BalasHapus
  18. msh bisa ikutan kontesnya gak ya bun..?

    btw lam kenal ya bunda

    BalasHapus
  19. Mak Icoel sarung gendongnya itu bikin melongo hahaha. Aku kok ngeri klo nggendongnya dibawah seperti itu yah, enakan di dada mak :D

    BalasHapus
  20. Kreatif ya mak... kontesnya juga menarik ^^ Dulu waktu bayi anakku tidurnya di ayunan... agak ribet juga sih kalau lagi bepergian :D

    BalasHapus
  21. Itu yang lagi digendong bapake , alisha atau emaknya ?? :)))

    BalasHapus
  22. Wah pas bgt nh artikelny. Nanya donk itu boneka pengantar tdrny hrganya brpaan?hehe

    BalasHapus
  23. kayaknya bagus banget nih :)
    sangat membantu ...

    BalasHapus
  24. Sarungnya menggoda hahahhahaa

    BalasHapus