Selasa, 17 Desember 2013

Smart Dengan Unik Dan Berbeda





Apa itu smart menurut deskripsimu? Wow…pertanyaan yang sangat menarik dan topik bahasan yang seksi namun tidak mungkin seseksi saya kali yah…yang membuat jarum timbangan sukses bergerak lebih dari 45 derajat saat berdiri di atasnya hiks…! 

Tentu banyak definisi yang akan didapat karena setiap orang pasti memiliki pemikiran masing-masing istilahnya beda kepala pasti beda pemikiran ya. Tapi saya selalu percaya setiap jiwa yang terlahir ke dunia adalah anugrah indah dari Yang Maha Kuasa dengan segala kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dan salah satunya terlihat dari perbedaan pemikiran tersebut untuk saling melengkapi satu sama lain dan menjadikan hidup lebih baik.


Nah, jadi intinya tanpa harus ‘berputar-putar’ ke Bundaran HI apa sih definisi smart itu? Jika dulu saat berusia muda, masih sekolah dan unyu tentu jawabannya adalah seseorang yang pintar di sekolah, mendapat nilai tinggi, selalu juara kelas dan lulus dengan nilai di atas rata-rata dan semua hal yang berhubungan dengan nilai akademik. Itu jika pertanyaan ini ditanyakan saat saya masih culun dan minim pengalaman hidup, masih suka ngumpet di balik lengan hangat ibu saya. 



Sekarang di saat sudah berusia kepala tiga, sudah menjadi seorang istri dan ibu serta sudah mengenyam lumayan banyak asam garam kehidupan maka definisi smart mnurut Icoel tentu berubah, yaitu :

Keberanian dalam mengambil tindakan meskipun itu berbeda dengan menonjolkan keunikan (baik kekurangan maupun kelebihan) yang dianugerahkan Yang Maha Kuasa dan berani bertanggung jawab (menanggung konsekuensi) dari tindakan tersebut.



Ya, itulah definisi smart menurut seorang Icoel. Di mana setiap orang terlahir berbeda, bahkan saudara kembar identik juga tetap memiliki perbedaan dan itulah ciri dan keunikan masing-masing. Di mana hidup adalah pilihan, di mana setiap orang harus bertindak dan melakukan sesuatu untuk menjadi lebih baik dan survive. Dalam usaha untuk survive setiap orang memiliki cara masing-masing. Dan untuk membedakan dirinya dengan yang lain dan mengumumkan pada dunia “it’s me” maka seseorang harus bisa menunjukan  seperti apa dirinya yang terlahir dengan indah ke dunia dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Meski kita tahu hidup penuh dinamika, kadang ada suka saat berhasil dan ada duka saat menghadapi kegagalan. Tapi dengan tanggung jawab kita akan bisa belajar dari kesalahan dan kegagalan sebagai konsekuensi yang mungkin timbul saat kita berani mengambil langkah berbeda. Bukankah hidup tanpa pernah gagal itu bagai akhir badai tanpa pelangi?


Seperti di dunia blogger. Untuk menunjukan keunikan yang bisa menarik pembaca di tengah banyaknya blog menarik lain yang jumlahnya tak terhingga setiap blogger dengan smart-nya pasti akan berusaha menciptakan Personal Branding yang membedakannya dengan blogger lain lewat konten, gaya bahasa dan aspek lain untuk menunjukan “It's me”. Tidak usah jauh-jauh mencari contoh, Si Emak Gaoel yang mengadakan GA kece ini. Semua pasti tahu bagaimana gaya khas Emak satu ini saat bercerita di lapaknya. Dan sudah pasti gaya seorang Winda Krisnadefa akan berbeda dengan seorang Mira Sahid, Indah Juli, Sary Melati, Irma Susanti, bahkan dengan saya sendiri.

Ya, setiap orang memiliki gaya dan ciri masing-masing yang membedakan dengan yang lain. Dan itu tidak muncul dengan sekejap, tapi dari kreatifitas dan kecerdasan berpikir, mencari tahu “Apa kelebihan dan kekuranganku agar aku bisa mengelolanya menjadi sebuah kekuatan?”, “Apa yang mampu aku lakukan dan tunjukan?”, “Gaya seperti apa yang pas untukku?”.Dengan smart kita bisa mengelola semua untuk menjadikan hidup lebih baik.

Ada Komunitas Kartunet. Mereka memiliki kekurangan dari segi fisik. Tapi dengan smart mereka tidak menganggap itu suatu halangan untuk berkarya dan menampilkan diri. Dan mereka mampu, mereka bisa dan diakui keberadaannya sebagai salah satu yang menginspirasi. Dan sudah pasti Kartunet tidak sama dengan KEB. Masing-masing memiliki ciri khas yang unik dan berbeda.


Di dunia hiburan ada seorang Syahrini yang sangat terkenal memiliki gaya khas. Meski bukan penggemarnya tapi saya acungkan jempol untuk usahanya yang selalu berusaha tampil beda dan unik untuk menjaga eksistensinya. Meski tidak semua orang suka dan sebagian menganggap berlebihan, bahkan di sosmed sering dibully dan disebut lebay, dia pantang mundur. Karena apa yang dilakukannya tidak merugikan orang lain dan itu adalah hasil dari kreatifitasnya berfikir bersama tim management. Bukankah orang yang membenci adalah salah satu dari yang memperhatikannya? Dan selalu menunggu hal baru apa yang dikeluarkannya?! Karena untuk memberi pendapat meski pendapat buruk, seseorang harus memperhatikan apa yang akan dikomentari bukan? Dan dia berani menanggung konseksuensi akan ada sebagian orang yang tidak suka dengan perbedaan yang dia lakukan. It’s okay, kita tidak bisa selalu menyenangkan semua orang bukan? 

Jupe yang Kece (Dok.Pribadi Launching My People)


Dan Syahrini sudah pasti berbeda dengan seorang Jupe yang juga unik dan kece. Meski sama-sama memakai bulu mata palsu. Tapi bulu mata Syahrini sangat sesuatu…karena namanya bulu mata anti badai booo….!

Di era digital sekarang, di dunia yang serba internet dan gadget kita tahu terjadi persaingan ketat antara setiap vendor untuk menghadirkan berbagai inovasi terbaru dan berbeda dari sebelumnya untuk menarik konsumen. Karena jika tidak bisa menghadirkan yang baru dan menarik tentu akan ditinggalkan oleh konsumen yang sekarang sudah sangat selektif dan kritis. Dan salah satu vendor yang cukup aktif menghadirkan perbedaan dan keunikan dalam produknya adalah Smartfren. Lihatlah postingan Emak Gaoel ini yang menjelaskan kelebihan dan keunikan produk barunya yang berbeda dengan produk lain cukup membuat ngiler. Dengan kualifikasi yang dimiliki tentu akan membuatnya mampu bersaing dengan yang lain yang beredar di pasaran. Baca sendiri ya linknya, kalau saya tulis nanti lebih 1000 kata, melanggar ToC lomba haha…!

#Sambil membayangkan kalau saya memilikinya betapa asyiknya tiap ada drama Korea kece terbaru tidak perlu lagi duduk di depan meja sambil menghadap laptop yang membuat pegal pinggang. Cukup leyeh-leyeh malas di kasur nyetreaming itu drama.Ahay...!


Dan jika ada ditanya apa saya sudah cukup smart dan apa yang membuat saya merasa smart? Saya tidak tahu jawabannya karena yang bisa menilai adalah orang lain, tapi yang pasti saya sudah melakukan banyak tindakan berani dan berbeda dalam hidup sampai di usia saya sekarang. Salah satunya seperti yang saya ceritakan di sini. Meski kadang memiliki kelemahan mudah minder dan di saat tertentu mudah tidak PD tapi saya orang yang selalu berusaha untuk bertanggung jawab atas semua keputusan yang saya buat dan selalu optimis. Bahwa akan selalu ada pelangi setelah badai. Dan saya sudah membuktikan itu.

Salam Smart Dalam Unik dan Perbedaan!





"Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel" 

22 komentar:

  1. jadi diri sendiri,pasti suatu saat pasti ketemu deh sm personal branding diri sendiri hehe...kata emak gaoel hehe....smart itu luassss dan tiap orang berbeda2 memanndang makna smart itu sendiri..

    wkwkwkwkwkkwk....duh,fotonya yg bawah sendiri bikin ngakak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, jadi diri sendiri dengan penuh tanggung jawab, kalau foto bawah...biasa mah itu, masih banyak yang lebih heboh hahahaha :))))

      Hapus
  2. Wuidihh... nambah saingan nih. Hahahah. Setuju mak. Defisini smart itu banyak sesuai dengan pnadangan masing2. Yang penting kita tetap mampu menyeimbangkan segalanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haish....saingan kita emang banyak teuuu mak :))

      iyup setuju sekali, yang penting keseimbangan hidup <3

      Hapus
  3. Maaak, itu poto terakhir lagi rebutan sampah atu begimana? hehee Sip definisi Smart memang berbeda satu dengan yang lainya...smart menurutku...adalaaah ketika...ketika aku kudu ikut GA Mak Winda niich

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha...itu solmet gagal iseng yang entah rebutan apa!!!

      ayo, sudah ikutan kan? nambah deh saingan :))))

      Hapus
  4. baru berkunjung ke blog mak Icoel, gak nyangka pinky so sweet gini. Sukses ngontesnya ya maak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...lagi belajar lembutisasi nih mak, makasih kunjungannya :))

      Hapus
  5. Setiap orang pasti punya kelebihan,kekurangan dan keunikan masing-masing ya Jeng
    Mari kita syukuri yang kita miliki dan jangan hanya rajin menghitung kekurangan2 kita
    Semoga berjaya dalam lomba
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Pakde kunjungannya dan sharingnya :)

      Hapus
  6. Foto yang pake caping itu gak kuku #gagalfokus :))

    Keren nih si Mamak uraiannya. Good luck ya, Mak. Biar dapat ganti sabarphone-nya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha...iya, biar ganti sabarphonenya Amin! Cantik kan mak aku? #dikeplak :v :v :v

      Hapus
  7. Bukannya Mak Icoel pernah menang kontes hadiahnya smartphone ya? *ngaciiiir*

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu aku hadiahkan buat suami biar ijin keluar selalu lancar mak :v :v :v

      Hapus
  8. setuju mak icoel berani beda tanggung jawab

    BalasHapus
  9. Kamu memang smart, my icoel darling....peluuuukkk, uyel-uyel :-*

    BalasHapus
  10. Bukankah hidup tanpa pernah gagal itu bagai akhir badai tanpa pelangi?

    Wewww...keren banget nih kalimat di atas mak :)

    BalasHapus