Senin, 15 Februari 2016

Fun Adventure Digital ExplorION, Factory Tour Tidak Sekedar "Melihat Proses Produksi"

Membuat gebrakan baru dengan menciptakan konsep edutaiment di program Factory Tour


Memberi penjelasan pada buah hati dengan story telling ditunjang audio visual yang menarik memang sangat baik, karena mudah dipahami dan diingat oleh buah hati. Apalagi saat usianya dalam masa kritis, serba ingin tahu. Apa-apa ditanyakan dan apapun dikulik-kulik.

Sehingga banyak play ground, tempat wisata dan tempat-tempat lain yang sering dikunjungi orang tua yang ingin mengajak buah hati bermain, menciptakan konsep edutaimment. Sebuah tempat yang bisa untuk bermain, menghibur sekaligus mengandung unsur edukasi.


Memahami semua, mulai dari fungsu, apa, mengapa  dan bagaimana

Benar-benar menyenangkan banget untuk banyak emak-emak seperti saya, double untung. Mainnya dapat, refreshing iya, masih dapat edukasi juga :D

Dan konsep ini juga yang diadopsi oleh PT Amerta Indah Otsuka, produsen minuman Isotonik Pocari Sweat. Membuka kunjungan pabrik untuk umum sejak 2008, di tahun 2016, PT Amerta Indah Otsuka, perusahaan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang membuat gebrakan baru dengan memperkenalkan konsep kunjungan pabrik pertama yang mengoptimalkan penggunaan peranti digital dan teknologi 3D untuk menyajikan informasi dengan konsep edukasi.

Belajar melalui media yang menyenangkan dan mudah dipahami ;)


Jadi nih ya, kalau biasanya tour factory hanya diisi dengan melihat proses produksi langsung yang terkadang hanya bisa dilihat dari jarak jauh, karena pengunjung dilarang mendekat ke mesin yang bergerak, berjalan dan bisa membahayakan pengunjung. Maka Otsuka memberikan pengalaman yang lebih seru terutama bagi anak-anak untuk memahami secara keseluruhan, mulai dari proses produksi hingga manfaat dari Pocari sendiri dalam bentuk audio visual.

Menurut saya memang PR banget menjelaskan panjang lebar ke anak-anak sebuah “proses panjang” tentang “apa, mengapa, bagaimana” tentang “Penting ya cairan tubuh?” atau “Kenapa mama kalau habis olahraga suka minum Pocari?”. Kalau saya jujur memang kurang bisa menjelaskan panjang lebar. Bahkan pernah waktu Alisha bertanya saya menjawab “Karena rasanya enak”. Jawaban aman :D
ExplorION, resmi dilaunching & dibuka


Nah, di Pabrik pertama Otsuka di Sukabumi ini sekarang menyediakan pengalaman visit Factory yang benar-benar berbeda karena sekaligus memberi edukasi secara keseluruhan melalui media digital yang sekarang juga menjadi salah satu media favorite anak-anak.

Diluncurkan pertama kali pada 19 Januari 2016 lalu, saya dan sedikit blogger lainnya beruntung mendapat kesempatan pertama bareng perwakilan media nasional untuk menjajal keseruan  factory visit Otsuka terbaru ini yang diberi nama ExplorION. Terbagi dalam tiga petualangan seru, pengunjung diajak mengenal lebih dekat proses produksi dan manfaat produk melalui ExplorION.

Tahap pertama, semua diajak membukaaplikasi yang tersedia dalam smartphone yang sudah disiapkan di masing-masing meja yang ada di aula utama Pabrik yang berada di lantai 3. Dalam aplikasi, akan muncul pertanyaan-pertanyaan dan pilihan jawaban yang bisa langsung dipilih untuk tes pengetahuan tentang ION tubuh.

Jangankan anak-anak ya, saya pun yang sudah emak-emak suka dengan aplikasi ini. Sedikit kecewa dan kesel saat ada salah satu pertanyaan yang tidak bisa saya jawab. Dan akhirnya saya dapat nilai yang tidak utuh. Huhuhu L

Pada launching ini, PT Amerta Indah Otsuka juga mengundang dua SD dari lingkungan Pabrik dan pejabat berwenang setempat. Terbayang dong keseruan dan kriuhan adik-adik SD ini saat diajak menjelajah aplikasi dalam smartphone.

Ada penjelasan singkat juga tentang dehidrasi dan cairan tubuh, yang terdiri dari air dan ION melalui rangkaian video kartun singkat. Lagi-lagi, saya mengaku deh baru tahu “Apa itu ION dengan segala fungsi dan bentuknya di dalam tubuh?”. Mengkonsumsi Pocari dari jaman beheula, baru paham secara utuh tentang ION ya saat berkunjung ke PT Amerta.

Melihat dari dekat :)


Setelah berpetualang di aplikasi, semua diajak melihat proses produksi langsung sambil tetap memegang smartphone. Setiap pproes produksi yang berjalan semua ada videonya yang sama persis dalam smartphone yang dibawa pengunjung. Sambil melihat proses produksi dari jarak jauh, dari luar ruangan. Kita tetap bisa melihat detailnya di smartphone.

Mulai dari pencampuran air, gula dan garam. Satu hal yang penting banget untuk diingat, karena PT. Amerta Indah Otsuka adalah afiliasi Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang maka semua proses produksi harus mengacu pada unsur kesehatan. Semua yang dproduksi harus benar-benar memperhatikan kesehatan untuk dikonsumsi.

Berpetualang di ExplorION


Dari ruang produksi, semua diajak bereksperimen di ruang souvenir. Ini bisa dibilang merupakan paspor masuk ke ExploRION Theater. Berbentuk PIN nama masing-masing pengunjung. Keren banget karena anak-anak diajak bereksperimen cara membuat PIN yang ada namanya ini.
Seumur-umur pake PIN baru ini liat alat & cara bikinnya *ngikik* :P

Dan terakhir, ini ting-tengnya. Bereksperimen melalui aktivitas di dalam Theater ExplorION. Pengunjung diajak bereksperimen melalui video 20 menit yang dibuat PT. Amerta bekerjasama dengan AID-DCC, sebuah perusahaan iklan dan materi promosi terkemuka.

 Pengunjung, terutama anak-anak benar-benar diajak mengetahui bagaimana air dan ION tubuh hilang dan cara menggantinya melalui aktivitas bermain games di pandu Kakak dari ExplorION dan video 3D yang ada.

Memperkenalkan apa, mengapa dan bagaimana tentang cairan tubuh tyang terdiri dari air & ION tanpa ribet. Serta bagaimana memulihkan dan kenapa Pocari salah satu yang direkomendasikan untuk memulihkan kekurangan cairan dalam tubuh.

Bagi yang ingin tahu, Factory Tour PT. Amerta Indah Otsuka ini bisa dinikmati siapapun lo. Cocok untuk program jalan-jalan anak sekolah. Karena memberikan pengalaman, pertualangan dan edukasi yang seru serta mudah dipahami.

Untuk bisa berkunjung, intip dulu perturannya di sini :
  1. Minimun kelas 3 SD
  2. Sehat, tidak terkena penyakit, suhu tubuh tidak lebih dari 37,5 Celcius ketika berkunjung.
  3. Proses produksi sewaktu-waktu dapat berhenti, karena itu tidak dapat diperlihatkan langsung. Hanya melalui video.
  4. Waktu kunjungan untuk pabrik Sukabumi Senin sampai Jum’at. Pagi dari 09.00 – 12.00. siang dari 13.00-15.00. Khusus senin hanya ada kunjungan siang. Untuk pabrik Kejayan di hari yang sama dan hanya jam pagi. Sabtu, minggu dan hari libur tidak menerima kunjungan.
  5. Waktu yang diperukan sekitar 90 menit.
  6. Minimal 20 orang maksimla 100 orang.
  7. Berpakaian rapi dan sopan, tidak menggunakan sandal.
Jadi Bu guru atau komunitas dan lain-lain yang ingin berpetualang seru di factory tour, bisa ke PT. Amerta Indah Otsuka.

Sedikit gambaran saat factory tour kemarin, bisa diintip di sini  


6 komentar:

  1. Setiap lewat pabrik ini saya pengen banget Mak tour pabrik. Saya pernah sampai minta suami berhenti dan nanya sama security y boleh ngga lihat2. Yg dijawab harus rombongan. Hiks. Padahal saya pengen bgt tuh ngenalin ke anak2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, minimal harus 20 orang hehe...ajak orang tua teman sekelas anak ajah ;)

      Hapus
  2. Wah jadi pengen juga liat2 proses produksi di pabrik.
    Btw, pernah sih ke stu pabrik doank. Satu-satunya pabrik yang pernah saya kunjungi dan liat proses pembuatannya adalah pabrik salah satu koran/ media terbesar di Jatim, itu juga krn bapak saya kerja disana hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dekat, ajuin aja ke sekolah mak biar jadi program sekolah jadi seru deh ;)

      Hapus
  3. Bisa di agendakan untuk liburan anak-anak sekolah. liburan sambil menambah pengetahuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mak, libur produktif untuk anak ;)

      Hapus