Selasa, 15 Desember 2015

Mengalihkan Dunianya

Bermain dan sosialisasi di Taman :)

 

Pertimbangan pertama saat memutuskan berlangganan wifi sepaket dengan TV Kabel di rumah adalah saya memang membutuhkan bandwidth internet yang memadai untuk menunjang hobi sebagai blogger. Dan channel kartun anak-anak untuk huah hati tercinta, agar mendapat tontonan sesuai usianya.

 

Tapi seiring waktu berjalan punya wifi unlimited di rumah jadi tantangn tersendiri bagi saya sebagai emak-emak dengan buah hati yang  sangat lihai memainkan smartphone. Di usianya yang masih enam tahun lebih dan duduk di bangku TK, akhirnya Alisha jadi pintar banget mencari sendiri channel-channel youtube favoritenya.

 

Aktivitas ekspolrasi di alam dan butuh stamina serta tubuh yang sehat :)

Kalau sudah begini, akhirnya saya yang harus pintar mengalihkan perhatiannya ke aktivitas lain. Karena kalau tidak, seharian juga sanggup matanya menatap smartphone. Yang lebih ngenes lagi, selesai smartphone dia akan beralih ke TV menonton saluran-saluran anak favoritenya. Kalau sudah begini, kadang dipanggul saja sudah sulit untuk memalingkan wajah dan menjawab “Apa ma?”

 

Padahal bergerak aktif minimal 30-60 menit sehari  adalah salah satu penunjang pertumbuhuhan, perkembangan fisik dan mentalnya di usianya sekarang. Dan inilah PR serta tantangan bagi saya sebagai emaknya.

 

Ini beberapa aktivitas yang pernah dan saya dan suami perjuangkan untuk sering  lakukan supaya mengalihkan perhatiannya dari gadget dan TV :

 

1. Mengajaknya jalan-jalan ke taman terdekat sepulang ngaji sore. Sekitar satu jam saya biarkan Alisha bermain aktif dan membaur dengan anak-anak lain di taman. Mengasah interaksi sosialnya, seperti berkenalan dengan anak-anak yang sama-sama bermain di Taman.

 

2. Mengajaknya eksplore beberapa sudut Jakarta seperti yang saya ceritakan di sini dan akan menyusul cerita eksplore lainnya. Memang akhirnya kembali memfungsikan gadget lagi, tapi bukan untuk bermain dan nonton video, tapi lebih ke latihan memotret.

 

3. Mengumpulkan teman-temannya ke rumah, agar perhatiannya teralihkan dari layar smartphone dan TV. Karena otomatis Alisha akan bermain dengan mereka, mulai dari dalam hingga ke luar rumah. Bosan satu, ganti permainan lain, bosan di dalam, pindah keluar dan seterusnya.

 

4. Meluangkan waktu, dan sesekali mengajaknya ikut aktivitas saya ke alam bebas bersama para sahabat. Seperti yang saya ceritakan di sini. Ini akan membuatnya selalu kangen kegiatan serupa dan menggeraka imaginasinya untuk melakukan imitasi aktivitas saat di rumah. 


Dan akhir tahun ini saya juga sudah merencanakan mengajaknya berpetualang singkat ke kampung. Ceritanya liburan akhir tahun. Lumayan selama seminggu lepas dari gadget :D


Seminggu sekali ke Taman yang agak jauh, untuk olahraga sambil bermain :D


Tapi, untuk melakukan eksplorasi kegiatannya yang melibatkan banyak gerak tubuh  saya juga punya PR lain lagi. Menjaga keseimbangan asupan gizinya agar kesehatannya terjaga.  Agar saat bereksplorasi Alisha tidak kelelahan, merembet ke demam dan lain-lain. Karena itu saya benar-benar memperhatikan apa yang saya berikan pada Alisha, mulai dari makanan sehari-hari, jajanan hingga susu pertumbuhannya.

 

Untuk jajanan saya berusaha mengolahnya sendiri, membuat cemilan yang sama dengan yang sering dijual di warung-warung sekitar rumah. Kalau diolah sendiri bahan dan kebersihannya terjaga. Untuk susu pertumbuhan memilih yang pengolahannya terjaga dan tidak berlebihan saat pemanasan, sehingga nutrisinya tetap terjaga.

 

Tapi ada nggak sih di antara emak, Ibu, Bunda dan mommy sekalian yang kesulitan atau memiliki kendala saat ingin mengajak buah hati bereksplore dan berkativitas? Kalau saya jujur saja, pada saat tertentu seperti sedang lelah, sibuk pernah mengalami lo. Tiba-tiba blank “Apa ya yang harus dilakukan hari ini untuk mengajak buah hati bersenang-senang?”

 


Karena itu membuat jurnal saya anggap perlu. Dan kalau bingung memulainya, bisa intip programnya #FrisoPlayDay  dari Friso yang sangat membantu emak-emak seperti saya bagaimana meluangkan waktu menjalin kerbesamaan bersama buah hati. #FrisoPlayday dari Friso bisa menjadi semangat untuk saya sebagi emak-emak untuk terus berusaha menjaga dan meluangkan waktu bersama buah hati, mengeksplore dunianya. 

14 komentar:

  1. harus sesekali lepas gadget jadi anak2 lebih kreatif cari mainaan lain

    BalasHapus
  2. Aku sih kalau ada anak, semua kegiatan online berhenti. Kecuali kalau mrk cuma mau nonton tv dekatku, nggak ngajak omong apa2.

    BalasHapus
  3. Hrs punya waktu sama anak2 even cuma meluk mrk dan duduk bareng dan saling cerita.... aku yg sehari2 sm anak2 ngerasain bgt kedekatan hubungan sm mrk

    BalasHapus
  4. Arfan demennya lari2an tapi dalem rumah, hehe.

    BalasHapus
  5. wah ia mak perlu banyak aktifitas outdoor biar buah hati lebih ceria dan jiwa sosialnya tinggi,
    salam kenal mak

    BalasHapus
  6. Waktu berkomunikasi dengan mereka sangat berharga dan marilah kita luangkan sedikit waktu untuk berinteraksi dengan mereka, kadang saat kita sibuk online anak kurang dapat perhatian, ini yang menjadi permasalahan sebenarnya. terima kasih

    BalasHapus
  7. aku pengen itu maenan yang kayak sepeda itu mbak...dah cocok belum ya??
    selamat bermainnn

    BalasHapus
  8. Anak-anak tuh sebenarnya senang bereksplorasi, kita aja yang kadang sibuk nggak menanggapinya dg baik. Dulu saat anak2 masih kecil, belum gencar spt sekarang sih. Jadi anak2 saya masih lebih senang bermain air di kolam, sepedaan bareng temen2nya atau baca buku di rumah.

    BalasHapus
  9. Anak2 sekarang gak ada yang gak kenal gadget.. bahkan anak usia dua tahun pun sdh bisa mengoperasikan gadget.. dah pinter mencet2 tombol "on".. Pemikiran yg tepat sekali Mba utk mengalihkan sejenak anak2 kita dari online dan gadget-nya.. Aku malah kasihan melihat anak2 jaman sekarang koq terpaku banget pada gadgetnya hingga tak mengenal lagi dunia luar yang bahkan lebih menarik lho dibanding gadgetnya.. met liburan ya Mak bersama anandanya..

    BalasHapus
  10. Huiiiihhh baru pertama Kali main ke blog mak Ichoel.
    Iya mak, anak2 emang harus dialihkan perhatiannya untuk bersosialisasi dgn sesamanya di dunia nyata, biar lebih merasa Dan terasah jiwa sosialnya.
    Mak, Mana kuisnya? Huahahaha

    BalasHapus
  11. ITU NYEBUR DI SUNGAI APAAHHH? KOK BUTEK?!

    BalasHapus
  12. harus sering diajak main sama teman sebayanya ya, mak.

    BalasHapus
  13. Kalau udah serin bermain di luar, akan ketagihan, ya. Gejetnya disimpen dulu ya, Mbak.

    Mau liburan akhir tahun? Aaaaak....aku kapan bisa liburan, yaaa. Hahaha

    BalasHapus