Jumat, 20 November 2015

Colorfy, Aplikasi Mewarna Digital



Sekarang sedang ngehits banget trend mewarnai  untuk orang dewasa. Aktivitas yang diklaim bisa sebagai relaksasi dan refreshing di tengah suntuknya para orang dewasa dengan rutinitas sehari-hari mereka. 

Banyak beredar buku mewarna di toko buku. Peralatan mewarna berbagai merk juga mulai ngehits dan jadi perbincangan. Dari harga, jumlah warna dalam satu set sampai merk-merk apa saja yang kece.


Belum lagi sosok-sosok yang memiliki kemampuan menggoreskan jari-jarinya membuat sketsa dan karyanya mulai mendapat sambutan hangat dari penerbit juga ikut melejit bersama ngehitsnya trend ini. contohnya si Oma Tanti yang kece badai itu lo karya-karyanya.

Dan saya? Belum ikut kekinian banget aslinya, meski penasaran pengen punya bukunya. Alasannya karena saya sahabat Oma Tanti pastinya. Saya memilih menunggu karyanya buku mewarna untuk dewasa keluar, terus mau foto bareng buku tersebut dan menyebarkannya melalui sosial media sebagai bentuk dukungan.

Contoh yang bisa dijadikan inspirasi


Kabarnya sih sebentar lagi terbit, nggak sampai pergantian tahun kok. Jadi sahabat-sahabat semua yang kenal Oma Tanti jangan lupa ya untuk menunggu karyanya yang keren ini :D

Untuk memenuhi rasa penasaran selama menunggu karya Oma Tanti dan kawan-kawan (ya, buku tersebut berisi karya bersama Oma Tanti dan ilustrator lain) keluar, saya memilih menjajal versi digital dulu deh. Yang saya download adalah aplikasi Colorfy yang bisa didownload free di smartphone android. Untuk flatform lain bisa di search saja ya, karena saya tidak tahu bisa atau tidak. Secara saya punyanya Cuma samrtphone android.


Hasil iseng sambil nunggu anak ngaji :)


Dalam aplikasi Colorfy terdapat sketsa dari beragam tema.  Dalam satu tema ada puluhan gambar sketsa hitam putih yang siap diwarnai dengan pallet warna yang bisa kita pilih dan ganti.  
Tema ada Florals, Animals, Famous, Messages, Cats, Gaardens, Patterns, Mandalas, Oriental, dan Exotic. Aplikasi ini tidak epenuhnya free, seminggu pertama banyak sketsa yang bisa diwarnai. Tapi setelahnya banyak yang otomatis terkunci dan harus membeli untuk menikamtinya. Begitu juga pallet warna, banyak yang harus dibeli untuk bisa menggunakannya.

Bahkan saat ini, ada dua tema Featured dan Thanksgiving  yang benar-benar baru bisa dinikmati dengan membeli. Saya sendiri masih menikmati yang free saja, karena sudah sebulan lebih download belum semua yang free sempat saya warnai. Padahal sebagian sketsa sudah banyak yang terkunci otomatis.

Mungkin karena kehidupan dan aktivitas saya tidak berat-berat amat ya, jadi tidak terlalu sering butuh refreshing. Dan sebagian waktu saya juga banyak tersita untuk hal lain, sehingga waktu untuk klik-klik Colorfy juga tidak butuh sepanjang waktu dan terus menerus. Kesimpulan simple saya saja sih ini. daripada mikir alasan dan kesimpulan yang berat serta rumit :D

Saya sering mewarnai saat menunggu Alisha ngaji, atau malam mau tidur sambil menunggu ngantuk dan terpejam. Setelah kita warnai, hasilnya juga bisa di share ke social media. Tersedia tombol share langsung yang tinggal klik.

Menurut saya aplikasi ini cukup asyik untuk menjadi salah satu koleksi dalam smartphone. Secara mewarnai yang bisa kita ganti sesuka hati warnanya. Jadi memainkannya juga santai, kalau salah klik warna bisa diganti. Juga tersedia sketsa yang sudah berwarna untuk contoh dan inspirasi. 

Tapi yang mau download perhatikan dengan seksama kapasitas ruang penyimpanan smartphone, karena ukurannya lumayan gede 50 MB lebih. Tapi bisa dipindah dan disimpan di memory card tambahan smarphone. Sekamat mewarna :D


8 komentar:

  1. Ini dia yang lagi rame ya Mak.
    Tapi gemes ga sih ngewarnai digital gini, aku liat aja gemes mak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEmmes, karena mudah banget obrak abrik yang udah selesai gitu, jadi ga ada selesainya :P

      Hapus
  2. Mbak Tanti memang keren. Tapi aku gak sempet urek2 jeh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. urek2 opo mak? Urek2 pawon pasti sempat yak :)))

      Hapus
  3. aku udah pernah download terus uninstall gara2 bosen dan kesel warna-warna bagus harus bayar hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh.. kenapa yang warnanya bagus harus bayar? Kenapa??Kenapaaaa??????!! *sudah dikasih gratis, protes pula gue. hihihihihi*

      Hapus
    2. ihh, mainin yang ada aja atuh Neng :P

      Hapus
  4. mau tanya barangkali ada yg tahu ini pas masukin password trus tiba2 ada keterangan free tp di email bakal kena charge RP. 40rban /week. mohon batuannya cara membatalkan proses berlangganan di colorfy krna free nya hanya trial selanjutnya saya bakal dikenakan charge per minggunya. apakah kalo uninstall bisa tdk kena tagihannya? mohon bantuannya dr teman2 sekalian. trims.

    BalasHapus