Jumat, 31 Oktober 2014

Ibu Iriana Dan Tas Sak Semen


Asslamu'alaikum... 

Pemerintah Indonesia sudah berganti kepeminpinan, pada 20 Oktober lalu telah dilantik Presiden beserta Wakil Bapak Joko Widodo dan Bapak Jusuf Kalla untuk periode 2014-2019. Sebagai masyarakat saya mengucapkan semoga selamat bekerja untuk jajaran pemerintahan baru.

Tapi apa saya mau bahas Politik saat ini? Oh...tentu saja tidak ya, karena itu belum menjadi topik yang saya minati saat ini. Saya kali ini akan mengisahkan pengalaman saya beberapa tahun lalu tepatnya Desember 2012 di sebuah acara peringatan Hari Ibu bertemu dengan Ibu Negara RI saat ini yaitu Ibu Iriana Jokowi. Ya, pengalaman pertama dan masih satu-satunya berinteraksi langsung dengan Beliau. Dan sangat berkesan karena ada yang unik saat itu dalam diri Beliau yang saat itu masih berstatus Istri Gubernur DKI Jakarta.


Acara ini adalah sebuah seminar Internet Sehat dengan Tema Peran Ibu di Era Digital yang dihadiri oleh Seluruh Istri Gubernur se Indonesia yang juga secara otomastis adalah Ketua PKK di Provinsi masing-masing. Tentu sudah biasa melihat sekumpulan Ibu-Ibu istri Pejabat dalam sebuah acara berpakian sedikit mencolok karena memang posisi mereka mengharuskan demikian. Sudah menjadi hukum tak tertulis bahwa penampilan seorang istri pajabat apalagi setingkat Gubernur memang tidak boleh juuga sembarangan dalam artian cuek dan ala kadarnya. Paling tidak harus rapi, pantas dan sesuai dengan acara yang sedang berlangsung.

Jadi sudah hal biasa tentunya melihat para istri Gubernur ini memakai fashion terbaik dari ujung rambut hingga kaki (tanpa membahas merek dan harga). Namun sejenak saya tercenung melihat penampilan Ibu Iriana yang mengenakan batik coklat dengan anggun dan percaya diri berjalan dan membaur dengan Ibu-ibu yang lain. Apa yang membuat saya tercenung? Tas sebagai fashion pelengkap penampilan beliau lah penyebabnya.

Di saat para Ibu Gubernur lain menenteng tas bermerek moderen, beliau dengan percaya diri menenteng tas daur ulang dari kertas sak semen. Tas tersebut diberi hiasan syal yang diikatkan pada tallinya sebagai pemanis. Saat beliau sedang sibuk berfoto dengan Ibu-ibu lain saya mendekati asistennya dan bertanya tentang tas tersebut yang ternyata menurutnya itu pemberian dari Ibu Veronika, istri Wakil Gubernur DKI Jakarta saat itu Bapak Basuki Tjahya Purnama alias Bapak Ahok. Menurut mbak Asisten Ibu Iriana dan Ibu Veronika terkenal sebagai salah satu pecinta dan koleksi tas etnik dan hand made Indonesia. Dan memang saat saya hadir disebuah acara lain yang dihadiri Ibu Veronika saya melihat Ibu Veronika menenteng tas ddengan motif salah satu kain khas Daerah. Tapi karena acara saat itu sangat ramaia saya tidak bisa mendekati Beliau untuk bertanya tentang tas tersebut atau memotret beliau bersama tas tersebut. Jadi secara tidak langsung apa yang diceritakan Mbak Asisten ini memang benar.

Kembali ke Ibu Iriana dengan tas sak semennya. Selama acara hampir saat itu beliau dengan sabar melayani permintaan foto bersama dari siapaun. Saat sudah senggang dan saya mendekat untuk meminta ijin memotret beliau dengan tas tersebut, dengan ramah dan akrab beliau menjawab “Oh, baiklah, saya eksyen dulu, jangan sampai jelek ya hasilnya” sambil tertawa ramah dan nada canda. Bahkan saat sudah selesai memotret beliau mendekat ke saya dan bertanya “Lihat mbak hasilnya” dan berkata “Bagus...! Sudah ya, satu saja, saya sudah harus pergi” ujar Beliau sambil pamit dan saya pun menggaguk sambil mengucapkan terima kasih.

Kesan saya saat itu, ramah, sederhana tapi elegan dan sagat keren. Meski seorang istri pejabat, tapi tidak gengsi dan memandang sepele karya dalam Negeri (tas daur ulang sak semen) yang bahkan terkadang bagi sebagian orang dianggap sebagai barang yang sangat biasa dan tidak layak. Saya yakin seorang Ibu Iriana pasti memiliki tas lain bermerek dengan harga mahal, tapi dalam beberapa kesempatan dengan elegan beliau memperlihatkan bahwa tas buatan anak negeri dari bahan daur ulang juga tak kalah keren untuk ditenteng. Dan tidak akan mengurangi kecantikan dan kepantasan fashion beliau yang terlihat elegan dari atas hingga ke bawah.

Dan kini saat melihat beliau mendampingi suami yang sekarang adalah residen RI saya kembali mengingat hari itu, dua tahun yang lalu. Ibu yang cantik, sederhana dan elegan ersebut kini adalah Ibu Negara RI.


Salam tas sak semen!

24 komentar:

  1. Emang aslinya udah begini ya, sederhana, mau diapain lagi, ga bisa dibuat2 :). Simple but classy, suka dg gaya beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, penampilan & gayanya ga heboh ;)

      Hapus
  2. tas sak semen? wuih mantep :)
    cantik & ramah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tas dari bekas sak semen mak, dan benar jyga Beliau sanfat ramah & anggun ;)

      Hapus
  3. Keren tasnya... produk dalam negeri emang harus masyarakat kita yang mendukungnya ya... bagusss banget jika dicontohin oleh ibu pejabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berharap semua Istri & Ibu pehabat mau jadi contoh begini ya mak, biar makin berjaya produk Indonesia ;)

      Hapus
  4. Senyume rek, manis ayu tenan e. Semoga sekarang walaupun sdh jadi ibu negara, buatan anak negeri tetap beliau pakai kemana-mana, amiiin.

    BalasHapus
  5. keren ya, bisa jadi contoh banget buat warganya kalo harus menghargai produksi lokal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bangets, contoh nyata tang keren ;)

      Hapus
  6. E ya Allah cuma gitu doang maaak??? Itu ibu negara lo sekarang. Kok nggak foto berdua gitu, apalagi bu Iriana ramah. :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...maaf, Icoel kurang beruntung :P

      Hapus
  7. Wow... salut dengan bu Iriana... Indonesia jaya...

    BalasHapus
  8. hebat ya... patut di contoh oleh ibu2 pejabat lainnya khususnya, umumnya oleh kita semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangets, yuk kita contoh juga ;)

      Hapus
  9. Cakep tas nya, mungkin yg make ibu iriana yaaaa. Kalo yg make biasa aja pasti ntar di pikir gembel haahahhaa #kaburrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dihh, desaign-nya bagus mas'e jadi ga kliatan nggembelisasi ya, tapi elegant *jitak :v :v

      Hapus
  10. Ibu Iriana ini ramah dan murah senyum ya. Tasnya cantik dipakainya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, beruntung saya pernah ketemu mesku baru sekali :D

      Hapus
  11. Kepribadian seseorang itu yang natural, ya, mak, dan Ibu Iriana memang sederhananya alami, gak dibuat-buat, gitu, tapi tetap anggun dan bergaya. Tas sederhana jadi keren di tangan beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, sangat elegan dan keren ya mak :D

      Hapus
  12. keren banget tas sak semennya itu
    sak semen kan bahannya kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, desaign & pengerjaannya halus & keren memangan mak pas saya lihat dari dekat waktu di pegang oleh asisten beliau :D

      Hapus