Kamis, 01 Mei 2014

Tampilkan Cantikmu Seutuhnya






Sebagai seorang wanita sudah hakikatnya selalu memiliki perasaan dan keinginan untuk tampil cantik. Seperti kita tahu sebagian wanita termasuk wanita Indonesia rela sakit, rela bekerja keras hanya untuk bisa menampilkan yang terbaik dari penampilan mereka. 

Tapi…apakah kalian tahu juga kalau sebagian besar wanita Indonesia juga masih banyak yang belum berani tampil cantik dengan sesungguhnya? Yah, yang berani tampil cantik dengan nyaman sesuai dengan kepribadian masing-masing yang sesungguhnya istilah gaulnya “Cantik ala gue” itu ternyata masih belum banyak yang berani melakukan. Dan ini diperkuat oleh survey yang dilakukan oleh Olay berkejasama dengan majalah Cosmopolitan Indonesia. Seperti 4 dari 10 wanita Indonesia menghindari menggunakan lipstick merah menyala pada hari pertama kerja. Duh…jadi ingat dulu waktu baru lulus dan dapat panggilan kerja. Dengan percaya diri saya menghadiri wawancara memakai baju merah menyala, karena saya sangat suka warna merah. Sahabat saya berkata “Aduh, kenapa kamu pakai baju merah? Kesannya sangat menantang, padahal kalau mau cari kerja posisi kita sebagai orang yang memohon dan harus terkesan demikian. Bukannya terkesan menantang” dan setelah menunggu beberapa minggu saya benar-benar tidak mendapat panggilan kembali sebagai pertanda saya diterima. Dan dengan yakin sahabat saya berkata pasti penyebabnya kesan “menantang” dari pakaian merah yang saya gunakan. Dan akhirnya sejak itu saya benar-benar tidak pernah lagi melakukan hal serupa. Yah, perkataan sahabat saya cukup mempengaruhi saya dan terpatri kuat dalam ingatan.

Beauty Class untuk mendorong wanita menampilkan #BestBaeutiful


Memang di Indonesia stereotip demikian masih sangat kental di Indonesia, di mana seseorang ragu untuk tampil cantik seutuhnya “ala gue” karena kwatir mendapat pandangan sinis bahkan cenderung buruk dari lingkungan sekitar karena dianggap cenderung aneh hanya karena terlihat berbeda dari yang lain.

Padahal dari rangkaian survey yang dilakukan Olay dan Cosmopolitan juga ada hasil yang menunjukan 47% wanita Indonesia percaya tampil cantik seutuhnya dapat membuat lebih sehat dan bahagia. Yang mana sebenarnya saya juga sependapat dengan hal ini. Saat saya tampil cantik saya akan merasa nyaman lahir batin. Tapi memang tetap saja, saat akan menampilkan cantik ala kita itu terkadang terkndala pikiran-pikiran berupa pertanyaan “Kalau aku tampil benini, kira-kira bagaimana ya?” atau saat kita selama sudah terkenal dengan sebuah image, misal tomboy dan cuek. Sehingga saat pikiran mulai terbuka dan ingin melakukan perubahan diri kearah lebih baik, itu akan menjadi kekwatiran tersendiri. Hal ini pernah terjadi pada salah seorang sahabat saya yang secara mendadak mendapat “wangsit” dalam berpenampilan, di mana selama ini dia cueknya tingkat akut dan karena suatu hal dia berubah total dan tentu saja dalam sekejap jadi bahan “kerutan dahi” para sahabatnya yang lain, termasuk saya sendiri tentunya. Berbagai pertanyaan terlontar “Kena angin apa? Baru kesambet ya?” dan berbagai lontaran candaan yang ternyata membuatnya lumayan malu dan mengurangi perubahan penampilannya tersebut dengan lebih soft. 

Dari pengalaman-pengalaman ini dan juga saat membaca survey yang dilakukan Olay dan Cosmopolitan, inti sebenarnya menurut saya adalah masih kurangnya percaya diri dalam diri para wanita-wanita Indonesia termasuk saya sendiri. Padahal untuk menjadi lebih baik dalam segala hal termasuk penampilan dan itu membutuhkan  perubahan yang signifikan tentu bukanlah sebuah “dosa”. Bahkan sebuah keharusan. Namun kenyataannya wanita Indonesia masih banyak yang lebih mempedulikan apa kata orang, apa kata lingkungan meski terkadang hal tersebut tidak cocok dengan kepribadiannya dan bertentangan dengan kata hatinya. Sehingga berani menampilkan diri dengan cantik dan seutuhnya hanya pada saat-saat tertentu saja, menunggu moment yang dianggap pas. 

Padahal seharusnya, seperti yang dikatakan Anisa Pohan, Brand Ambasador Olay dalam acara Gathering Blogger dan Beeauty Class bareng Olay dan Cosmopolitan Indonesia di Four Season Hotel beberapa waktu lalu bahwa “Jangan menunggu moment itu hadir atau mencari moment tersebut, tapi sebagai wanita kitalah yang harus mencipatakan moment tersebut”. Dan diamini oleh nara sumber lainnya Mbak Ninit Yunita founder The Urban Mama. Setiap wanita berhak tampil cantik kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Belajar Menjadi Cantik Ke Arah Yang Lebih Baik
Dan ini benar-benar memberikan pemahaman dan kekuatan baru bagi saya sebagai seorang wanita. Kita memang boleh mendengarkan pendapat orang lain sebagai masukan, namun jika  pendapat itu membuat kita tidak nyaman tentu kita boleh saja mengabaikannnya. Dan bila sebagai wanita kita merasa apa yang kita tampilkan nyaman, membuat kita percaya diri meski ada orang lain yang mengatakan kurang bagus tentu hal itu bukan berarti harus membuat kita surut langkah. Karena kebahagiaan kita, kenyamanan kita, kitalah yang tahu. Kita sendiri yang merasakan dan kita berhak menentukan, terutama saat itu tidak merugikan orang lain. Karena setiap orang itu berbeda, memiliki keunikan masing-masing. Memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa yang bagus dan baik untuk orang lain, belum tentu demikian untuk kita. Begitu juga sebaliknya.

Dari acara beauty class ini yang juga menghadirkan demo make up dari perias professional Mas Yongki Pitoy dan team, yang mengajarkan make up casual untuk sehari-hari beliau mengajarkan bagaimana menyembunyikan atau menutupi kekurangan wajah kita dan menonjolkan kelebihannya. Misal tulang pipi yang terlalalu tinggi bagaimana menyiasatinya. Nah, menurut saya ini juga sebenarnya menggambarkan diri seorang wanita, bahwa setiap wanita itu unik.masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan dengan tampil cantik seutuhnya “ala gue” tentu hanya kita sendiri yang tahu mana yang harus ditutupi dan mana yang harus ditonjolkan.

Jadi masihkah kita ragu untuk tampil cantiik dengan seutuhnya dan terjebak dalam stereotip yang akhirnya menyerupai mitos dalam keseharian kita? Jangan ya, mari kita mulai menampilkan diri secara utuh sesuai dengan kepribadian dan kemauan kita, yang penting tidak merugikan orang lain, tidak mengganggu orang lain dan kita merasa nyaman. Bearapun usia kita, apapun pekerjaan dan posisi kita, sebagai wanita kita berhak tampil cantik seutuhnya, lahir batin. Karena itulah sumber kebahagiaan dan kesehatan kita sebagai seorang wanita. Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk menampilkan diri dengan cantik seutuhnya untuk menciptakan moment berharga dalam hidup kita.

Mari tunjukan #BestBeautiful.

45 komentar:

  1. Jadi seharusnya setelah ikut beauty class yg keren ini, mak darling akan lbh berani mengeksplore sisi cantiknya yg tdk bagian dlm diri saja donk, tapi juga tunjukkan cantikmu kan udh belajar dandan jg tuh xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...nunggu ke rumahmu dulu, malakin alat makeup mu :v :v

      Hapus
  2. aku setuju bgt sama kalimat ini mak “Jangan menunggu moment itu hadir atau mencari moment tersebut, tapi sebagai wanita kitalah yang harus mencipatakan moment tersebut”, bener bgt...


    mampir di post baruku juga ya mak, makasi...
    http://mieagoblog.blogspot.com/2014/04/culinary-tourism-of-banda-aceh.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyup, toss dulu, oke akan tak kunjungi ya nanti :D

      Hapus
  3. Olay itu bagus pelembabnya :)

    BalasHapus
  4. mak icoel cantikkkkk, kirimin testernya dong hehehe

    BalasHapus
  5. Saya setuju apa yang dikatakan oleh Mbak Anisa Pohan. Create the Momment. nanti saya suruh istri saya berteman dengan Anisa Pohan agar bisa menciptakan momment. Mantab kan ide saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bangets...ajak saya juga kenalannya hehe...

      Hapus
    2. Ajak saya jugaaaaa ya :D

      Hapus
  6. Toscanya bikin tambah manis, Mak.. . :D

    BalasHapus
  7. Ini sih acara kesukaanku mak.. Hiks ngiri ga bisa ikutan. Apalagi suka banget produk olay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudahan kapan2 ada di SBY mak acaranya :D

      Hapus
  8. olay memang bagus, Mak. Aku cock pake Olay. Bahkan sejak aku kuliah, aku pake Olay. Lumayan deh bikin muka gak kusam dan (semoga) bisa awet muda kayak Anissa Pohan. Hehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...Amiin, aq juga mau awet muda kinyis2 kaya dia maks <3

      Hapus
  9. Aku belum pernah ikutan beauty class... jadi pengen ikut nih Mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo...mudahan kapan2 ada undangan untukKEB ya :)

      Hapus
  10. Setuju mak, mari kita menampilkan diri sesuai kepribadian kita. Nggak usah tiru2 orang lain jika tidak nyaman melakukannya. Yg didambakan adalah menjd wanita yang cantik lahir batin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak, karena setiap orang lahir dengan keunikan masing2 :)

      Hapus
  11. Hai cantik, dirimu memang makin cantik kok, tapi jangan gegoleran sembarangan ya, ntar diculik hihhiii. Hashtagnya typo tapiii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...hust, itu rahasia kita :P

      Hapus
  12. Iki tenanan sing gawe postingan Mak Icoel? *langsung diantemi mari iku :)

    Iya mak bener, mendingan kita yakin dengan apa yg membuat diri kita nyaman aja. Masukan orang sih penting juga asalkan tidak 'membelenggu' hati kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...nggawe "penulis hantu" :P

      Bener mak, mendengarkan orang lain boleh asal sesuai dengan kita

      Hapus
  13. kalau aku dengerin kata orang..haduuuuh repot sendiri atuh Mak, hayuk atuh yang penting kita menjadi diri sendiri dan menonjolkan sisi yang lebih dengan lebih bijak...cantik yang elegan...hehee

    Mak Icoel cantiiiik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener msk, yukk menampilkan diri sendiri apa adanya dengan lebih baik :D

      Hapus
  14. Wah aku masih masuk kategori yg suka cuek sama penampilan, perlu nih kayanya ikutaan beauty class kek gini, biar jadi cantiik yah maak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...sippp, nanti klo ada undangan kaya gini tak colek ya :D

      Hapus
  15. our new beauty blogger was born :*

    BalasHapus
  16. Memang awalnya sudah cantik, setelahnya jadi tambah cantik lho Mak Icoel. *kedip-kedip* ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhhh...msk Wiek, aq jadi tersipu nih :P

      Hapus
  17. Mak, pangling lihat dirimu berhijab! Cantik banget, anggun! *OOT dulu deh komennya, tapi jujur loh!*

    Aku juga sepakat, Mak, bhw wanita Indonesia masih banyak banget mikirnya untuk berani tampil cantik 'ala gue', takut 'dihakimi', hehe. Ayuk ah menjadi diri sendiri, dengan tentu saja menyesuaikan dandanan sesuai dengan tempat dan keperluan. Kata kuncinya adalah tetap tampilkan sisi cantik kita dari kedua sisi, luar dan dalam. Begitu kan, Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...belajar jeeh mak ^_^

      Bener mak, cantik luar dalam sesuai dengan diri sendiri :)

      Hapus
  18. Mak Ichoeeeel, aku kan seneng dandaaaan, yaaa aku kok nggak diajak ke sini. Ihiks ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...entar klo ada lagi tak colek ya :*

      Hapus
  19. Mak.. saya dulu juga sangat sangat ga peduli dengan penampilan.. sampai, ada yg bilang kalo penampilan itu penting buat cari kerja (habis lulus ga dapet-dapet kerja ceritanya :D), baru deh beli lipstik dkk plus baju yg agak feminin..
    Jadi feminin makin menjadi pas nikah, suami mendorong saya buat tampil cantik.. katanya saya ini sebenarnya cantik, cuma cueknya ga ketulungan.. haha..
    Sejak itu, jadi ketagihan deh..
    *maap jadi curhat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa mak curcol, jadi saling sharing :D

      Hapus
  20. Aaah jadi seutuhnya itu jadi kita apa adanya ga terlalu mikirin oendapat orang yaaa... huhuhu betul banget sih itu maaak.. makasih mak ichoel for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya say, asal yang kita lakukan usaha menjadi lebih baik maka lanjut sja trrus <3

      Hapus
  21. aduh aku nih yang cuek sama penampilan, kadang-kadang pergi cuma pake bedak bayi, hehe.. seru ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa jugaak klo merasa nyaman :v

      Hapus
  22. dija juga lagi belajar pake make up, Tante
    biar cantik
    hihihihihi

    BalasHapus