Balada Pop vs Dangdut



Artis Dangdut Di Rumah



Kamu calling…calling

Aku lagi pusing

Kamu miscall aku

Aku lagi jongkok (catat…jongkok, bukan dongkol :D)

Sudah nggak penting sudah bau kambing

Yah, terkaget-kaget aku mendengar Alisha bersenandung heboh syair diatas, bukan merdu ya! Sampai aku suruh mengulanginya beberapa kali utnuk tahu ini lagu apa. Kudet banget emaknya nggak tahu lagu ini. Tapi yang pasti sebenarnya aku sudah bisa menebak ini salah satu lagu dangdut elektro masa kini. Dan…aku tidak suka sama sekali jenis musik dangdut elektro sekarang. Maklum ya, seleraku masih rada jadul kalau soal dangdut. Sukanya masih lagu “Rt 5 Rw 3”, lagu-lagu dangdut jadul yang dinyanyikan Ike Nurjanah, Rita Sugiarto, Evi Tamala, Iis Dahlia dan artis seangkatannya itu yang menjadi favoritku. Sejak bergeser ke Koplo dan tekno yang sebagian penyanyinya mengandalkan goyangan dan penampilan heboh, tapi syair lagu tidak menonjol aku mulai tidak update lagi, karena memang tidak suka. Karena itu saat Alisha pertama kali bersenandung heboh aku sempat ngedumel “Alisha, jangan nyanyi lagu itu dong, lagu apaan coba itu”. Dan dengan cueknya dia menjawab “Ini lagu abang odong-odong mama!!!”


Hadeeh, benar-benar deh ya itu abang odong-odong. Bukannya lagu abadi Bintang kecil, Balonku dan lain-lain karena penumpangnya kan anak kecil. Tapi kekeuhnya Alisha akhirnya membuat tangan tergerak browsing, lagu apa dan siapa penyanyinya. Akhirnya ketemu deh, ternyata lagunya Janeta Janet yang judulnya Di Reject. Dan ingat, syairnya itu bukan “…lagi jongkok” tapi “…lagi dongkol”.

Ternyata lagu ini memang sangat populer dimana-mana. Setiap hari aku mendengar rumah-rumah tetangga memutar lagi ini yang aku dengar saat aku lewat. 

Hasil kajiannya? Banyak yang bilang kebiasaan orang tua akan diikuti oleh anaknya karena kebiasaan mendengar dan melihat langsung. Tapi khusus selera musik ternyata tidak berlalu padaku dan Alisha. Aku suka lagu-lagu Pop baik dalam dan luar negeri, mulai barat sampai Kpop. Bahkan hampir setiap hari aku memainkan musik ini dari HP yang aku sambung ke TV atau speaker. Kadang aku mainkan keras lagu Super Junior yang beat seperti Mr.Simple sambil aku main tali atau sekedar gerak-gerak ga karuan ala senam sampai berkeringat. Dan Alisha sempat pernah bertanya “Ini lagu kesukaan mama? Lagu apa?” dan setelah aku jawab, dia manggut-manggut sambil membeo “O…Kopel Juniol” dan daripada ribet aku mengangguk dan mengiyakan saja. Tapia apa dia terpengaruh? Tidak sama sekali. Tak ada satupun lagu yang dia senandungkan dari semua lagu favoritku. 

Aku sebenarnya juga tidak masalah, karena memang tidak pernah berniat mempengaruhinya. Tapi soal dangsut elektro aku memang tidak begitu suka, jadi mendengar alunan lagunya aku seperti sebel gimana gitu *maksa* :D

Dan berkali-kali sodorkan lagu lain dia tetap menggeleng sambil bilang “Icha ga suka lagu itu, sukanya diljet (bukan di reject)”. Hadeuhhh, akhirnya aku cerita pada beberapa sahabat dan jawaban mayoritas sama “Ah ada masanya itu nanti hilang sendiri”. Akhirnya sejak itu aku tak pernah lagi memprotesnya. Dan di rumah alunan musik pun seperti battle alias beradu. Emaknya Pop, anaknya dangdut. Hanya saja kadang emaknya harus sabar saat sedang mendengarkan suara Adele yang merdu diirngi alunan musik kece lagu Set Fire In The Rain tiba-tiba “kacau” nada di telinga gara-gara sang Artis dangdut cilik masuk sambil bernyayi heboh “Munaroh…Bang Ocit datang, pepret, pepret, pepret”. Deuh, hanya bisa geleng-geleng kepala.

Inilah balada dangdut vs Pop dan yang menang tentu saja Dangdut karena Bapaknya lebih memihak sang anak, jadi emaknya nggak enek bolone kalau kata orang Jawa mah  -_-




26 komentar

  1. wahahahaha...ngakak dari atas sampe bawah,salam buat munaroh ya mak...tapi miris juga ya,saya juga pernah denger abang odong2 nyetel lagu dangdut bukan anak2,hickz

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah titip salam juga setiap hai mak sama si Munaroh hihihi... :D
      memang tu Abang odong2 setiap hari ;agunya yang begonoan -_-

      Hapus
  2. hahhaaa.. aku langsung buka youtube

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...tarikkk mak di Youtube :v

      Hapus
  3. Hahaha, sampai apal ya mbak :), dibilangin aja mbak abang odong-odongnya biar lagu anak tetap lestari :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, apal dia, sudah pernah, tapi kata abangnya ga punya lagu entu :D

      Hapus
  4. Hahaha kacian deh, nggak enek bolone :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...iyo mak, ga enek bolo tenan deh :))

      Hapus
  5. hihihihi....pakai goyang dangdut jg ga mak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga goyang lagi, loncat2 ga karuan tapi dengan happy mak -_-

      Hapus
  6. wkwkwkwkwk *ngakak koprol

    Alisha, ayo jempolnya digoyaaaaannnnggg :D

    BalasHapus
  7. emaknya juga dong nyanyi dangdut :)

    BalasHapus
  8. Saya sendiri terheran-heran melihat anak sekarang Mbak, kelas 1 SD kalau di kelas lagunya keong racun, direject, dll. Kalau dibilangin anak usia 8 tahun lagunya gundul-gundul pacul Nak, bilangnya kuno... capek dech..haha

    BalasHapus
  9. Hahaha.... aku juga baru tau lagu2nya ini mak ichoel. Ngakak deh bacanya xD

    BalasHapus
  10. Alisha yang nyanyi dangdut emaknya yang goyang senggol eheh :D

    BalasHapus
  11. wkwkwkwk ayoo dongg makkk diajarinn nge-Kpop, dijaminn dahh ngga ada senggol-senggolan lagii qiqiqiqi

    BalasHapus
  12. jadi ingat lagu Project Pop....perang lagu dangdut dan ngerock......, biasanya memang anak ikut hobby bawaan orang tuanya, namun terkadang anak lebih ganpang dipengaruhi oleh sesuatu yg selalu ia dengar berulang-ulang kali...seperti lagu odong2 itu,,,,,jadinya pengaruh odong2 lebih kuat daripada pengaruh bawaan orangtuanya sendiri
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  13. Dirijek ... Dirijek ...dirijek aje ...
    Hahaha

    (Goyang dulu ah bentaran ...)

    Salam saya Mak

    BalasHapus
  14. wkwkwkwk ngakak sampe sakit perut. baca sambil ngebayangin kelakuan emak dan anaknya hahahaha

    BalasHapus
  15. Hahahhaa. . .
    Emaknya nobody bat yu, anaknya dirijek. . .Whahahhaa

    Sungguh kolaborasi yang apik, Alisha. :D

    BalasHapus
  16. Ih.... lucunya si kecil. Gemesiiiiin... ^^

    BalasHapus
  17. Aku juga suka dangdut jaman dulu mbak. Dangdut sekarabg syairnya rada jorok

    BalasHapus
  18. Hehehe, ada-ada aja. Aku sendiri suka "gemas" kalau ada anak-anak yang nyanyi lagu orang dewasa. Takutnya liriknya ada yang gak baik aja. Tapi waktu kecil aku malah sukaaa banget sama Aerosmith. Liriknya banyak yang gak baik, tapi untung gak mempengaruhi masa anak2 karena belum ngerti bahasa Inggris, hehehe :)

    BalasHapus
  19. Ya iyalah bapaknya lebih suka dangdut, kecuali mak Icoel mau nyanyi Kpop sambil goyang serrrr

    BalasHapus