Ekspresi 10 Detik



Foto dok.Pribadi



Apa yang bisa kita ekspresikan dalam waktu 10 detik? Atau, pesan apa yang bisa kita sampaikan dalam waktu sesingkat itu? Sulit mengungkapkan apa yang bisa diaungkapkan atau pesan apa yang bisa disampaikan dalam waktu sesingkat itu, menurut saya lo. 


Tapi ternyata tidak sulit bagi para peserta Wow! 10 Second Movie Competition yang diselenggarakan oleh Telkom melalui Uzone dan UseeTv. Dimana mereka bisa menyajikan pesan dalam karya singkat mereka dengan sangat mengena dan indah. Benar-benar bengong dan kehabisan kata saya menyaksikan karya para finalis yang kece dengan karya dan ide kreatif mereka. 



Wow! 10 Second Movie Competition sebuah kompetisi yang diwadahi oleh Portal UZone yaitu Single e-Edutainment Portal, Indonesia’s & most comprehensive digital content and platform persembahan Telkom yang dirancang sebagai media bagi industry kreatif Indonesia. Yang mana untuk sosialisasi kompetisi ini UZone menggandeng Sutradara Joko Anwar melaksanakan roadshow dan workshop ke 4 kota besar di Indonesia yakni Bandung, Makasar, Yogjakarta dan Surabaya. Dan sejak dibuka pada 25 September sampai 10 Desember 2013 terkumpul 1.491 video peserta dari berbagai penjuru Indonesia.



Joko Anwar dan Raditya Dika (kehadiran mereka berdua ini salah satu yang membuat saya  antusias hadir ke acara ini selain karya 25 Finalis) selaku juri mengungkapkan kebanggan mereka terhadap antusias para peserta yang mengikuti ajang ini. yang mana menurut mereka para sineas muda inimemang sudah memiliki kemampuan baik dari segi teknik pengambilan gambar, pencahayaan, bahkan scenario. Tinggal meningkatkan jam terbang dan kemauan untuk terus belajar dan praktek langsung di lapangan.


Dan para peserta sangat beruntung mendapatkan beberapa tips dari pakarnya Joko Anwar tentang bagaimana membuat film yang kece dan mampu membuat penontonnya berimajinasi.


Dan dari ribuan peserta yang masuk disaringlah menjadi 25 Finalis yang kembali bersaing memperebutkan 2 predikat Best Story dan 2 Best Movie. Dan satu pemenang Most Favorite yang dipilih melalui vote masyarakat.


Dan akhirnya setelah melewati pergulatan alot (menurut sutradara kece Joko Anwar sih hehehe…) para juri yang saat Final di Blitz Megaplex juga dihadiri juri tambahan Eva Celia menetapkan para pemenang


Best Movie 1: "Paper Love" (Aditya Utama dari Yogyakarta)
Berhak atas hadiah Rp. 20 juta
Best Movie 2: "Urgen" (Abdalah Gifar dari Bandung)
Berhak atas hadiahRp. 10 juta
Best Story 1: "Gengsi" (Handoko Tjung dari Jakarta)
Berhak atas hadiah Rp. 20 juta
Best Story 2: "Don't" (Aji Budi Setiawan dari Surabaya)
Berhak atas hadiah Rp. 10 juta
Most Favorite: "Rest and Piece" (Adi Satria dari Bandung)
Berhak atas hadiah Rp. 15 juta



Untuk melihat ke 25 karya Finalis klik di sini ya, dijamin bakal terkagum-kagum. Nggak lama kok, satu karya hanya berkisar 10 detik ++ tapi sangat syarat makna.

Dan saya benar-benar acungkan jempol untuk ide dan kreatifitas para peserta dalam menyajikan karya mereka. Saat menonton karya ke 25 finalis, semua yang hadir benar0benar dibuat hanyut dan tercengang dengan karya mereka. Dan terkadang tertawa ngakak karena ide cerita yang cukup lucu namun tetap member pesan yang dalam. Ditambah salah satu cerita favorit saya Gengsi ternyata menang.

Rencananya kompetisi ini akan kembali digelar tahun depan, jadi bagi yag pengen ikutan pantengi terus web UZone, PF UZoneIndonesia dan twitter @uzoneindonesia karena hadiahnya sanga-sangat wow…!


Pasukan KEB (Foto dok.Pribadi)


Di acara Final ini UZone juga memperkenalkan kompetisi baru mereka yaitu Indonesia Digital Icon. Yaitu ajang pencarian bakat dunia musik melalui media digital. Yukk…siapa yang berminat jadi idola baru melalui dunia digital langsung capcus ke UZone. Siapa yang mengidolakan Ahmad Dhani? Jangan sampai ketinggalan ikutan yah, karena legenda musik Indonesia ini akan menjadi produsernya dan yang bertidak sebagai juri Tata Janeeta dan Lilo Kla. Jadi jangan lupa ikutan yah.

Maju terus industri kreatif Indonesia!

15 komentar

  1. Semoga anak-anak Indonesia semakin kreatif ya... Harusnya bisa disalurkan seperti ini, skalian mengasah kemampuan, bisa dijadikan kegiatan postif anak jaman sekarang... *Lam kenal mb... Hihi.. maap br bs berkunjung lwt blog...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, ini salah satu kegiatan positif untuk mengasah kemampuan dan membuat anak lebih kreatif, salam kenal juga, nanti kita saling kunjung ;)

      Hapus
  2. aku gak daftar mbak hehehe, nonton aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal kalo mak Lidya daftar nanti aq vote hihihi... :*

      Hapus
  3. waduh 10 detik? gimana bikinnya ya... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga bingung sekaligus kagum mak, soalnya hasilnya kece banget :D

      Hapus
  4. wewww...dalam 10 detik ??? penasaran kaya gmn mak icoel darling

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kamu yang berlimpah kuota, buka tu videonyahh, ini Telkom lo yang ngadain, masa ga teu #jitak hihihihi :P

      Hapus
  5. Lha Mak ICoel nya mana pideonya? 10 detik itu cepet banget kan? Dapat mringis doang wkwkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq ga PD jeehh, makanya poto2 ajah, beneran mringis tok mak :v :v :v

      Hapus
  6. Salam, mak ...
    saya baru sekali ini kemari.
    oh ada ya film berdurasi 10 detik? Kayak iklan zaman saya di radio dulu, dihitungnya per detik tuh (gak nyambung, wew)
    pasti keren keren. Itu pasukan KEB ada juga ya? Hebat deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mak...memang akhirnya kaya iklan tapi storynya lebih kuat, makasih ya :D

      Hapus
  7. ajang yang asyik nih. semoga jadi tambah maju perfilman kita!

    BalasHapus
  8. wah selamat buat para pemenang ....

    BalasHapus
  9. yang juara pertama saya suka banget! ^_^

    BalasHapus