Selasa, 14 Januari 2014

Cara Baru Stimulasi Dini Buah Hati




Media Gathering Zwitsal (Dok.pribadi)


Kembali lagi di lapak Icoel dan kali ini saya akan mebuat reportase sebuah acara yang saya hadiri bulan lalu. Ya ampun ya, saya benar-benar lelet. Tapi ilmunya sangat bermanfaat dan tidak ada kata terlambat untuk sebuah ilmu kan ya? Hehe…saya sedang mencari alasan pembenaran nih!


Jadi acara yang saya hadiri itu adalah gathering yang diadakan oleh Zwitsal yang mengangkat tema Zwitsal Baby Spa, Cara Baru Stimulasi Dini Buah hati. Ya, memiliki buah hati adalah kesempurnaan dan kebahagiaan hidup yang tak akan terbeli. Merawat buah hati dengan “tangan sendiri” terutama untuk seorang ibu adalah sebuah anugrah luar biasa.  



Semua orang tua terutama ibu pasti tahu bahwa "sentuhan tangan" langsung dengan buah hati terutama di masa Golden Age adalah salah satu proses penting tumbuh kembang seorang anak. Karena sentuhan-sentuhan itu bermakna banyak. Tapi ada beberapa makna "sentuhan" yang ternyata belum banyak diketahui oleh para orang tua (terutama saya sendiri) di mana sentuhan tersebut ternyata memiliki arti dan fungsi yang lebih dalam karena berhubungan dengan perkembangannya di masa depan..


Salah satu contoh nyata adalah pengetahuan tentang "sentuhan" pada aktifitas pijat bayi. Selama ini banyak para ibu di Indonesia yang ternyata masih harus diluruskan pola pikirnya soal pijat bayi. Di mana banyak pendapat pijat adalah kegiatan untuk menghilangkan lelah dan rewel pada bayi. Jadi saya sangat yakin banyak di sekeliling kita, bahkan kita sendiri (terutama saya) yang hanya membawa bayi ke tukang pijat bayi khusus saat anak rewel, badannya terasa tidak sehat, atau setelah terjatuh. Saat pulang kampung dan lelah dalam perjalanan, dengan segera balita kita langsung digiring ke mbah dukun pijat. Dan kalau sedang tidak beruntung, seperti yang pernah saya alami saat mudik dan putri saya masih berusia satu tahun, si mbah dukun pijat tidak bisa memijat karena hari itu berdasarkan hitungan ilmu yang mereka pelajari bukan hari yang baik untuk memijat. Duh ya, di jaman digital seperti sekarang hal beginian masih banyak dan saya salah satu pelakunya.


Beberapa tahun belakangan sebenarnya sudah mulai banyak informasi tentang pentingnya pijat untuk bayi dan bersamaan dengan itu, terutama di kota besar seperti di Jakarta dan sekitarnya menjamur pula tempat baby spa namun kesan yang diberikan “sangat eksklusif dan mahal” jadi orang-orang berkantong pas-pasan jadi takut duluan untuk datang.

Sedangkan untuk para ibu yang juga seorang wanita karir yang sudah pasti sangat sibuk dan selalu merasa tidak memiliki waktu banyak untuk memijat sang buah hati tapi memiliki kocek tebal, rela mengeluarkan uang banyak untuk membayar “sang ahli” yang banyak bertebaran di salon pijat bayi. Meski kita tidak tahu apakah mereka benar-benar "sang ahli".


Nah, di acara gathering yang menghadirkan artis cantik Brand Ambassador Zwitsal Dian Sastro, Brand Manager Oktaviani Sumitro dan Anne Gracia seorang Praktisi Neurosains Terapan kami yang hadir diberi wawasan dan pengetahuan baru tentang Stimulasi Dini Buah Hati Bersama Zwitsal Baby Spa.


Seperti yang dipaparkan Bu Anne otak yang adalah engine utama manusia sudah mulai berkembang sejak ada dalam kandungan. Namun untuk bisa menjadikan seorang sehat, ceria, cerdas dan mencapai kesuksesan di masa depan dibutuhkan stimulasi dini untuk membantu kematangan struktur otak dan system saraf yang merupakan kunci sukses mencapai 8 kecerdasan majemuk yaitu
1. Visual 
2. Linguistic 
3. Logical & Mathematical, 
4. Musical,
5. Bodily & Kinesthetic 
6. Naturalistic 
7. Interpersonal dan 
8. Intrapesonal.

Yang mana saat semua mendapatkan stimulasi dengan maksimal dan tepat maka akan membantu perkembangan maksimal otak anak secara keseluruhan, kiri dan kanan. Yang berarti meningkatkan dan memaksimalkan kecerdasan EQ & IQ anak.

Perkembangan terjadi pada usia nol hingga empat tahun usianya, pada masa itu sel-sel otak berkembang cepat mencapai 80% dari potensinya. 

Di sisi lain, si kecil juga memiliki 7 sistem sensorik yang harus distimulasi  dengan optimal yaitu Taktil (parabaan) yang dilakukan melalui sentuhan dan tekanan. Vestibular (keseimbangan) yang dapat dilakukan dengan ayunan. Propioseptif (grak antar sendi) yaitu ransangan pada semua persendian tubuh. Penciuman, ransangan pada indra penciuman. Visual, ransangan pada indra penglihatan. Auditori, ransangan pada indra pendengaran. Pengecapan, ransangan pada indra pengecap.




Dan ternyata stimulasi tersebut bisa dilakukan sendiri di rumah dengan maksimal, menyenangkan, tanpa harus mahal dan membutuhkan waktu khusus untuk ke baby spa misalnya. Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Oktaviani, bisa dilakukan melalui pengayaan pada ritual perawatan bayi sehari-hari. Seperti yang dirumuskan oleh Zwitsal melalui Zwitsal baby spa dengan 4 langkah mudah yang memiliki 3 manfaat utama yaitu : 


Manfaat fisik, membersihkan dan menutrisi kulit seluuruh tubuh bayi, menstimulasi seluruh saraf melalui pemijatan dan sentuhan hangat. Yang mana pemijatan juga melancarkan peredaran darah yang berpengaruh pada perkembangan pesat di usia pertumbuhan. Dan akan mempengarhi system melabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tak mudah terserang penyakit.

Manfaat psikologis, komunikasi dan interaksi antara Ibu dan bayi memperkuat bonding keduanya. Berefek relaksasi hingga si kecil akan tumbuh ceria, membentuk pribadi supel dan mandiri. Meningkatkan kwalitas tidur yang akan mempengaruhi perkembangan otak bayi yang berkembang selama masa tidurnya. Seperti yang diungkapkan Dian Sastro, konsep Zwitsal Baby Spa memperkaya dan membuat ritual perawatan bayi sehari-hari menjadi lebih efektif untuk menstimulasi buah hati dan memberikan kesempatan pada kita (Ibu) untuk melakukan kontak batin dengan anak sehingga menciptakan komunikasi dan interaksi yang berkwalitas.

Manfaat Stimulasi,  si kecil dari nol hingga delapan tahun sel otak berkembang dan berkoneksi dengan cepat mencapai 80 persen kapasitas otak. Dan stimulasi dan ransangan yang tepat pada masa ini sangat dibutuhkan. Saat Ibu melakukan Zwitsal Baby Spa akan terjadi stimulasi indera, keseimbangan dan system yang membantu perkembangan system saraf yang kelak mendukung proses belajar dan menjadi gerbang si kecil mengembangkan kecerdasannya.

Stimulasi juga sanga tpenting dan dibutuhkan untuk bayi yang lahir Caesar si kecil tidak menggunakan reflek alami yang digunakan oleh bayi kelahiran normal saat menggerakan seluruh anggota tubuh untuk keluar dari perut sang Ibu. Dengan Zwitsal Baby Spa si kecil akan terbantu perkembangan reflek tubuh, kematangan otak terkoordinasinya dengan baik fungsi otak.


Dan inilah 4 langkah stimulasi dini Zwitsal Baby Spa dengan rangkaian produk yang bisa digunakan dalam setiap aktifitas yang dilakukan Ibu dan Si Kecil.








Image by Zwitsal

1. Pijat Sehat, yang meliputi pijat wajah, dada, lengan, kaki dan punggung. Dari aktifitas yang bertujuan menstimulasi kematangan saraf bayi agar mampu mendukung proses belajarnya kelak. Menstimulus taktil dengan sentuhan dan tekanan, menggunakan gerakan anggota tubuh pada jaringan lunak (kulit, otot, saraf) sehingga memberi efek stimulasi, relaksasi, melancarkan peredaran darah dan peredaran limfa (getah bening) yang mempengaruhi sistem metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh buah hati agar tidak mudah terserang penyakit. Dan produk yang dapat digunakan untuk aktifitas ini adalah Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera + Vit E.

2. Mandi Ceria, bertujuan mendukung kebersihan bayi sekaligus menutrisi dan memelihara kulit dan rambut. Juga merupakan stimulus Vestibular (kemampuan keseimbangan pada berbagai landasan tumpu) agar tetap aktif . Berdasarkan neorosains, periode awal setelah lahir bayi tetap membutuhkan perasaan dan suasana ayunann air seperti dalam kandungan. Selain itu juga menstimulus pembuluh darah bayi karena perubahan suhu di luar dan dalam tubuhnya meransang sensitivitas pembuluh darah kapiler (bagian ujung saraf di permukaan kulit). dan produk yang bisa digunakan Zwitsal Natural baby Bath 2-in-1 hair & Body dan Zwitsal Natural Baby Shampoo Aloe Vera, Kemiri, Seledri tang tidak pedih di mata.yang telah teruji Hypo-Allergenic.

3. Sentuhan Hangat dan Segar, memberikan kehangatan pada bayi setelah mandi dan memperlancar peredaran darahdi area perut dan dada sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih baik. Produk yang digunakan Zwitsal Natural Minyak Telon dan Zwitsal Natural Baby Powder Milk & Honey.

4. Harum Terawat, dilangkat ke empat baby spa dengan di dampingi Zwitsal yang bertujuan menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan keharuman khas bayi yang tahan lama dari Zwitsal ini dapat menstimulus olfaktori (indra penciuman) yang membantu menstimulasi area pengendali emosi di otak. Dengan keharuman, saraf-saraf terstimulasi dengan baik, otak bekerja sempurna mengatur keseimbangan tubuh dan emosi pun terkendali.


Dari semua paparan ilmu yang saya dapat di acara ini, saya jadi tahu pentingnya stimulasi dini untuk buah hati. Dan yang terpenting lagi, bisa dilakukan sendiri di rumah dengan harga minimalis dan hasil maksimal karena bisa dilakukan setiap hari di rumah. Tidak ada lagi alasan tidak ada waktu, karena ini adalah aktifitas dasar dalam kehidupan sehari-hari seorang bayi. Dan yang paling penting, meluruskan beberapa paradigma yang salah dalam aktifitas merawat bayi.


Percayalah, orang tua terutama seorang ibulah yang paling paham kondisi seorang anak. Apa yang dibutuhkan, apa yang penting dan apa yang terbaik untuk anak terutama saat masih bayi, bukan orang lain. Jadi mulai sekarang, ayo kita lakukan sendiri rancangan masa depan buah hati termasuk salah satunya stimulasi dini untuk masa depannya yang lebih baik dan maksimal.

8 komentar:

  1. baby kalo pake rangkaian produk ini pasti sehat dan harum :D

    BalasHapus
  2. Wah mksh mak ilmunya..bt bekal saya nnti kl pnya anak.. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo barengan program adik baby baru yuk #eh hahahaha :)))

      Hapus
  3. stimulasi ibu sangat dibutuhkan seorang bayi, walaupun hanya sentuhan tapi berdampak besar dan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mak, sentuhan itu benar-benar penting :*

      Hapus
  4. makasiih mak Icoel infonya, lengkap bgt ^^
    dulu waktu anak saya bayi, saya juga suka melakukan pijatan2 gitu..terutama pas habis mandi lagi dipakein minyak telon..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih...klo aq bener2 ngasal mak, asal usap2 aja hihi...

      Hapus