KEB, SB dan Saya






Saat pertama kali bertemu dengan Makpon Mira Sahid dan Makpuh Indah Juli di sebuah acara pada awal tahun 2012 dan dengan gaya khas masing-masing mereka memperkenalkan diri dan dilanjutkan dengan memperkenalkan Komunitas KEB.


Dalam perkenalan tersebut mereka langsung mengajak untuk hadir di sebuah acara yang dilaksanakan di daerah Duren Tiga. Sayang saat itu saya tidak bisa hadir karena hujan dan anak tidak ada yang jaga. Tapi yang jadi bahasan penting di kepala adalah nyantolkah ke memori saya saat itu tentang apa dan bagaimana itu KEB?

Jujur saja tidak, bahkan sempat terlintas tanda tanya besar “Apa itu Emak-emak Blogger? Kok namanya EMAK?”

Tetapi karena keterbatasan waktu dan sulitnya berakrabria maka hari itu berakhir biasa saja. Tapi makpon itu sempat meminta alamat FB dan malamnya saya sudah masuk ke pulau para Emak ini yaitu grup KEB. Tapi terus terang karena masih belum punya blog personal saya hanya diam dan jadi penonton tiap hari. Tapi perlahan seiring dengan seringnya bertemu di acara offline, saya akhirnya akrab dengan Makpon dan Mapuh yang aktif di berbagai kegiatan offline. Kalau dengan mak Erte Sary pertemuan hanya sekilas dan sepintas saja beberapa kali, sehingga tidak ada obrolan akrab. Dari sini akhirya membuat saya tahu KEB lebih dalam dan merasa nyaman berada di komunitas ini. Hingga akhirnya takdir cinta mengatakan saya harus mengambil bagian di dalamnya sebagai makmin hingga saat ini.

Dari sini saya banyak tahu sejarah KEB dari cerita para foundernya ini. salah satunya sejarah nama “EMAK” yang mana setiap bertemu dengan siapa saja, di mana saja dan baru sekali mendengar Emak-emak Blogger maka mereka akan mengernyitkan dahi sambil bertanya “Emak? Kenapa diberi nama Emak?” dan sejarah itu akan mengalir lancar dari mulutku.

“Oh…itu karena mencerminkan Indonesia dan mencerminkan keakraban orang Indoensia. Di mana kadang saat bertemu untuk memudahkan, mengakrabkan diri dan membaurkan diri akan keluar panggilan spontan tersebut. Khas Indonesia. Meski pasti aka nada pertanyaan lanjutan “Brarti semua yang mau bergabung harus sudah jadi EMAK?”

Ya tidaklah…kan sudah dijelaskan bahwa panggilan “Mak…” itu sangat umum untuk mengakrabkan diri satu sama lain untuk perempuan Indoensia. Dan itu benar-benar saya rasakan di mana diantara semua member tidak ada masalah hirarki usia satu sama lain, semua sama yaitu sama-sama “MAK…”. Dan itu sangat nyaman, secara di Indonesia itu usia sangat sensitive untuk dibahas. Dan biasanya mayoritas yang bertanya setelah mendapatkan penjelasan itu akan langsung “Ooo…unik juga ya, sangat unik. Lain dari yang lain”. Ehem…memang kece ya kita semua, para Emak-emak ini.

Memang Korea dengan budaya Kpop-nya yang sangat menjaga hierarki  dengan panggilan Oppa, Nuna, Sunbae, Hobae dan lain-lain. Haish…ujung-ujungnya Kpop deh! Mari FOKUS :P

Nah, dengan keakraban ini diharapkan visi dan misi yang diusung para para foundernya bisa berjalan dengan baik dan mengena yaitu mengajak semua perempuan Indonesia bisa berbagi berbagai hal positif yang dituangkan melalui dunia blogging.  Dan itu sesuai dengan tagline yang diusung “Kami Ada Untuk Berbagi”. Berbagi berbagai hal bermanfaat dan positif untuk seluruh wanita Indonesia yang mana merupakan salah satu unsure kemajuan sebuah bangsa. Karena dari perempuanlah lahir para penerus masa depan.

Dan untuk berbagi hal positif itu pula KEB membuat sebuah ajang penghargaan yang sebenarnya tujuan utamanya adalah untuk member apresiasi kepada para membernya yang sudah mencapai 1000++ di berbagai penjuru tanah Air dan luar negeri. Dan apresiasi ini diwujudkan dalam sebuah ajang bertajuk Srikandi Blogger Award yang mana akan dilaksanakan pada maret 2014 nanti. Dan ini adalah pelaksanaan tahun kedua. Tahun lalu pada pelaksanaan pertama saya terlibat sebagai panitia dan merasakan sensasi luar biasa yang cukup membuat sport jantung demi mewujudkan ajang kece ini.

Diharapkan dengan adanya apresiasi ini maka akan semakin menambah semangat Blogger perempuan dan member KEB khususnya untuk terus rajjin membagi kisahnya di blog. Jadi segera daftarkan diri kalian para Blogger perempuan Indonesia di manapun berada. Ini syarat-syaratnya.

Registrasi : 3 – 16 Desember 2013 (2 minggu)

Persyaratan peserta:
1. Perempuan (sudah berumah tangga maupun belum)
2. Umur minimal 20 tahun
3. Tinggal di Indonesia atau di luar negeri
4. Blogger dan memiliki blog aktif (Blogspot, WordPress, Tumblr, domain sendiri, dll, asalkan milik pribadi). Maaf, untuk yang hanya memiliki akun Kompasiana, belum diperkenankan ikut
5. Usia blog minimal 1 tahun
6. WAJIB terverifikasi di grup Facebook KEB, like fanpage KEB, dan follow Twitter KEB
7. Peserta yang sudah pernah terpilih sebagai salah satu dari 10 finalis Srikandi Blogger 2013 tidak diperkenankan ikut lagi
Catatan: untuk 10 finalis Srikandi Blogger yang terpilih nanti, diharapkan bisa membuat video singkat (1/2-1 menit) yg menceritakan tentang dirinya.
Cara registrasi:
1. Tulis tentang diri emak-emak (aktivitas di dunia blogging, dunia sehari-hari, dll) maksimal 2 halaman A4 spasi 1,5 font TNR 12
2. Data diri emak di atas dikirim dalam bentuk lampiran (attachment) e-mail
3. Jangan lupa, di badan e-mail tulis nama lengkap emak, alamat blog, nama di Facebook, dan Twitter
4. Kirim ke e-mail: keb[dot]event[at]gmail[dot]com Subjek: Registrasi SB2014 – [nama emak]
5. Registrasi ditunggu paling lambat 16 Desember 2013

Jadi apa kalian mau llihat saya yang biasa hahahihi kaya ulet dan berpakaian santai dan cuek berubah “sok” anggun? Maka mendaftarlah dan hadiri perhelatannya nanti. Gimana enggak “sok” anggun? La pakai konde dan gaun panjang tapi tetap pakai celana panjang di dalamnya. Masih lari-lari ala pemain sepak bola dan duduk angkat kaki dengan “lupa”nya.


Jadi jangan sampai ketinggalan untuk menjadi bagian dari ajang kece yang akan memberikan pengalaman luar biasa ini.

Yoww…salam konde, KAMI ADA UNTUK BERBAGI! 


haish....lihatlah, saia dengan "tulus" akhirnya memutuskan memajang foto karya Om Didiet ini lagi


51 komentar

  1. Xixixiix... selalu menyenangkan kalau baca tulisan Makmin satu ini. Terima kasih ya, mak Icoel yg sudah bersedia meluangkan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk sama-sama membesarkan KEB. Hug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...sama-sama jeehh mak, kamu sudah memberi kesempatan padaku untuk lebih berpengalaman di sini :*

      Hapus
  2. Emak salam kenal ya, saya juga baru gabung di KEB, kepengennya sih berbagi informasi tentang apapun juga. Pengen banget ikutan Srikandi Blogger Award tapi kayanga ga mungkin secara aq baru bikin blog baru seminggu hehe. Mak kunjugi rmh baruku ya di http://voppytea.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, semangat mak, tahun depan ikutannya gapapa saat sudah meresapi dunia blogging dengan lebih dalam biar persiapannya maksimal...mari berbagi :*

      Hapus
  3. Mak aku suka gayamu yang di foto, keren pisaaan eeeich.. cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...kagokkk uuyyy, biasa loncat2 harus feminim, itu hasil olah paksa Makpon & Makjurbay :P

      Hapus
  4. Masya Allah..foto itu lagi..hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haish...dilarang merusuh di sini ya...#jitak 3x :v :v

      Hapus
  5. xixixiixixi...fotonya itu keren lo mak,suerrr....jutuek2 cantik,gimanaaa gitu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...makasih #melayang di sanjung :P

      Hapus
  6. Salam buat kondeee! Mari daftar eSBeee! :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih...CikGu pintar berpantun, hidup CikGu #eh :v :v

      Hapus
  7. Beneran aku baru tau kalau Emak itu artinya bukan Ibu, tapi Perempuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...sekarang jadi tahu kan mak? Hihihi <3

      Hapus
    2. Nah...sekarang jadi tahu kan mak? Hehe <3

      Hapus
  8. Hiiduppp kondee ya makk,...
    Maree mareee dipilihh srikandinyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup kondee...salam SB #eh kok jadi kaya kampanye ya kita? :v :v

      Hapus
  9. Mak lama gak kesini bagus blognya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...dipercantik biar menambah semangat nulis mak :)))

      Hapus
  10. ecieeee....ternyata bisa anggun jg mak icoel :)
    ikut...enggak...ikut...enggak...haduh si tokek membuatku bingung :roll:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggun yang naggung mak Edi :)))

      Haish...keburu mlayu tokek'e :P

      Hapus
  11. huaaa,,,itu foto siapa ya? cantik banget. hehe

    Mak Icoel kece banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah kaga sengaja dandannya :v :v

      Hapus
  12. Perasaan baru kali ini aku mampir diblogspotmu. Cantik eui kayak kondenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pernah kemari Julak ae pian tu, tapi waktu itu belom domain hehehe :P

      Hapus
  13. "Kalau dengan mak Erte Sary pertemuan hanya sekilas dan sepintas saja beberapa kali, sehingga tidak ada obrolan akrab"

    Kalo digetok sering, ya, Mak? Hahahaha
    Tapi andaikan sering ketemu pun, aku pendiam Mak, jadi ya gitu deh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha...maksudnya itu saat-saat pertama kali bertemu mak, kalo getok mmah sudah biasa solanya kan getok sayank kikikik :P

      Hapus
  14. xixixix....foto juara itu tampil lg. Pake gaun, berkonde cepol tapi duduk tetep ngangkang :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hust...jangan buka rahasiaaaa hahaha :P

      Hapus
  15. mau donk foto yg duduk ngangkang mak hihihiiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha...itu mah lebih kerusuhan lagee, makanya disimpan :v :v

      Hapus
  16. Gaya nengok ya mak Icoel ?....serius bener tenggoknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaya paparazi itu (sadar kamera maksudnya) tapi pura-pura ga teu :v :v

      Hapus
  17. cantik kali mak icoel kalau dandan...pangling...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eits...jangan sampai tidak mengenaliku ya maksss :v :v

      Hapus
  18. dulu pemenangnya mbak alaika dari aceh yang super keren itu
    tahun depan, kira kira siapa yaa emak paling keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mak Elsa kemarin sudah daftar juga kan? Siapa tau Mak Elsa lah pemegang tongkat selanjutnya ;)

      Hapus
  19. yaaah Dija belom boleh ikutan dong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau sudah gede ya Dija, sini tiyum dolo, muachhh :*

      Hapus
  20. Manglingi klo dah dandan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi...makasih mak, asal jangan ga ngenali ajah ya :P

      Hapus
  21. Koq bibirnya kayak mencucu gitu toh mbak????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...iya mas, itu lagi mikir apaa gitu, trus si tukang fotonya pinterann ajah nyolongnya :v

      Hapus
  22. Mak Icoeeeeel "D...bahagianyaa yang sering kopdar hihihi...hidup KEb, hidup SB et hiduuuup kondeee hihihi...can't wait to meet up again..ngopi2 cantiiik kapaaaan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...hidup kopdar #eh

      Ayuuukkk...atoorrr ajah pokonya kita ketemuannya *_*

      Hapus
  23. asyiiiik berarti nanti bisa liat di dandanin lagi ya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi...tak sabar kembali berjumpa denganmu mak Lidya <3

      Hapus
  24. Aku sudah daftar lo Mak... walau dg segala ketidakPDan ini hehehe...
    BTW, itu foto yg bawah mak Icoel? Pangling lo Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusss...cakepp, sini kasih hadiah Sun sayank :*

      Hihihi...itu saya pas lagee ga nyadar, jadi mau dandan :v :v

      Hapus
  25. Meskipun manyun gitu, cantik banget deh foto itu ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aeehhh...melayang tingkat Dewa aku mommm 8) :v

      Hapus