Minggu, 07 Juli 2013

JIFW 2013 : Menuju Indonesia Sebagai Kiblat Mode Islamic Dunia



Membahas fashion adalah sesuatu yang pasti menarik. Terutama fashion untuk perempuan. Karena berhubungan dengan kecantikan. Hal yang sangat krusial untuk seorang perempuan.


Dan beberapa tahun belakangan di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya penganut muslim, berkembang pesat fashion Islamic. Dimana busana dengan segala perlengkapannya sudah berkembang dengan berbagai desain yang menarik dan diminati banyak perempuan muslim. Dan juga dibarengi dengan banyaknya bermunculan desainer khusus busana Islamic. Karena pangsa pasarnya sudah sangat luas dan pesat. Bahkan muncul  wacana menjadikan Indonesia sebagai salah satu kiblat mode Islamic dunia.

 



Lobi JIFW 2013




Hal inillah kiranya yang mendasari diadakannya Jakarta Islamic Fashion Week 2013 yang tahun ini diadakan dari tanggal 26-30 Juni 2013 di JCC. Acara yang dipersembahkan oleh BRI dan didukung oleh Wardah ini menampilkan 11 fashion Islamic dari para desainer ternama Indonesia dan 15 talk show dengan bahasan menarik.

Selain itu juga menghadirkan stand-stand dari berbagai butik busana Islamic dan berbagai acesoris pelengkap yang bisa didapat dengan harga dan kwalitas bersaing dan banyak diskon.





Parade Fashion Show

Beruntung sekali aku bisa hadir di hari pertama pagelaran ini. Meski hadir telat dan tidak sempat melihat pembukaan yang dilakukan oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ibu Linda Gumelar tapi sempat mengikuti beberapa sesi penting acara yaitu fashion show dan talk show. 


Hari pertama sendiri menghadirkan parade busana dari tiga perancang Nasional pertama Widhi Budimulia dengan rancangannya yang chic, modern, praktis, dan eleggan dengan judul karya Exploration. Kedua dari Adriato Halim dengan tema Elegance Forever yang simple dan kasual namun tetap anggun. Dan yang ketiga karya Harry Lam dengan tema Goddess yang sederhana, feminine, kuat, kuat dan menawan layaknya Dewi Athena.





Parade Fashion Show

 


Selain bisa menyaksikan fashion show aku juga berkesempatan menghadiri talk show yang menampilkan Sonni Muchlison dan Neli Agustin. Dimana keduanya menghadirkan obrolan yang sangat seru dan menarik mengenai "gejala" Islamic Fashion yang melanda Indonesia saat ini. Kenapa tidak disebut "tren" oleh Sonni karena menurut beliau yang sependapat dengan Itang Yunaz kondisi fashion Islamic di Indonesia sekarang sudah menuju kearah yang mengkwatirkan. Dari segi kacamata fashion mereka, sekarang fashion Islamic Indonesia menghadirkan model-model yang cenderung berlebihan alian alay. Dimana banyak yang tidak cocok dan tidak sesuai dengan warna kulit, bentuk muka, dan aturan-aturan lain dalam dunia fashion.

Tapi apapun pendapat masing-masing, semua kembali ke pribadi masing ya...
Talk Show Sonni Muclison & Neli Agustin
Selain membahas tentang fashion hijab, Sonni Muchlison dan Neli juga menyoroti tentang tren latah masyarakat Indonesia. Seperti soal busana kaftan. Kaftan sebenarnya adalah kain India yang tidak laku alias tidak disukai di Negara asalnya. Tapi di Indonesia justru jadi favorit banyak orang. Maka jadilah masyarakat Indonesia mengangkat usaha kain Kaftan India. Padahal para pakar fashion seperti Sonni dan desainer seperti Neli berharap masyarakat Indonesia lebih banyak peduli dan banyak menggunakan produk asli Indonesia yang belum tereksplor agar mendunia. Karena masih sangat minim yang memiliki kesadaran tersebut.



Stan JIFW 2013



 






Inilah secuil kisah seru JIFW 2013 hari pertama yang aku hadiri. Dan semoga memalui acara ini impian Indonesia untuk menjadi kiblat mode Islamic dunia akan terwujud.

14 komentar:

  1. Harganya berapaan ya itu mak? Heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti biar wes diskon tetep masih bikin NGELU mak Lusi :P

      Hapus
  2. harga baju ke 3 dari bawah berapa yah? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti cukup mengocek kantong mak :)

      Hapus
  3. Weis, acaranya keren banget. Sayangnya aku sering banget ketinggalan acara2 seperti ini. Pengen pindah ke Jkt deh, Mak. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mak Al, kita kopdaran setiap hari nanti :P

      Hapus
  4. Suka dengan apa yg sony katakan tentang kaftan. Gali dulu yg di Indonesia, baru garap lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mak, karena banyak sekali potensi Indonesia yang belum terekspos, terima kasih ya mampir

      Hapus
  5. Itu model yang di foto paling bawah itu, siapa, ya? Cantik tenan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu model profesional jeehh mak :P

      Hapus
  6. ha serius niy kaftan di india gak laku?
    untung gk beli beli kaftan #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. celius mak, kata Sonni & Nelli begitu :D

      Hapus
  7. ya ampun ternyata blognya belum aku masukkan bloglist pantesan jarang mampir kesini :) skr sudah aku masukkan ke bloglist ya mak

    BalasHapus
  8. Ahhhh...Mak Lid makasih banget :)

    BalasHapus