Selasa, 07 Mei 2013

Perjalanan Srikandi Blogger 2013



Panitia



Masih tentang perhelatan Srikandi Blogger 2013 yang telah berlalu seminggu yang lalu, semoga masih belum bosan membacanya ya…setelah membaca kisah-kisah lain di blog para member yang lain! Karena masih sangat banyak cerita tersembunyi yang belum tuntas untuk diungkap dan sebenarnya postingan ini sudah mengendap di draf selama seminggu dan  baru sekarang terselesaikan.


Ide Besar seorang MakPon

Srikandi Blogger adalah sebuah ajang yang digagas oleh MakPon Mira Sahid pada akhir tahun lalu yang mana ide ini muncul saat menghadiri beberapa undangan dan acara offline yang dihadiri dan melibatkan member KEB. Bahkan tanpa bermaksud mendongakan kepala untuk sombong ide Srikandi Blogger adalah sub unit atau bagian kecil dari sebuah ide besar lain yang diajukan oleh MakPon pada kami. Namun seiring berjalannya waktu dan beberapa pertimbangan maka disepakati untuk menjalankan sub ide saja yaitu Srikandi Blogger. Karena Srikandi Blogger dianggap bisa mewakili tagline yang diusung KEB “kami ada untuk berbagi” dan mencakup dunia blogging perempuan Indonesia.

Pertimbangannya lain, ini adalah perayaan pertama dan sebagai sebuah ajang pembuktian eksistensi kepada semua, baik didalam KEB sendiri dan seluruh dunia blogger dan media partner blogger yang luas. Bahwa KEB mempunyai ide dan gagasan yang bertujuan untuk memberi apresiasi kepada anggotanya khususnya dan blogger perempuan Indonesia umumnya. Jadi ide ini benar-benar ide orisinal yang lahir dari pemikiran seorang blogger perempuan yaitu MakPon yang ingin ada penghargaan khusus atau segmented untuk blogger perempuan yang masih jarang.

Hingga awal kerja keras dan gerilya pun dimulai pada awal tahun 2013. Mulai dari membentuk panitia, merancang konsep, system pendaftaran dan hal-hal lain. Dan dalam perjalanan menuju kearah acara bukan tanpa kendala. Bahkan sangat banyak, tapi kami panitia saling mengingatkan satu sama lain dan terus memberi semangat satu sama lain agar tetap fokus. Mulai masalah interen kami sendiri yang terdiri dari beberapa kepala yang terkadang masih dipenuhi keegoisan pribadi. Emosi tingkat tinggi yang melanda membuat masing-masing terkadang lupa bahwa itu bisa menyinggung satu sama lain. 

Dari luar, kami juga harus menghadapi beberapa pendapat dan pandangan sumir, nyinyir dan menyakitkan yang cukup membuat kami para panitia juga terganggu. Mulai masalah penjurian yang dianggap tidak adil oleh beberapa pihak, hingga membanding-bandingkan Srikandi Blogger dengan ajang lain yang pelaksanaannya hampir bersamaan. Namun mengingat langkah yang sudah berjalan jauh dan pencapaian yang sudah didapat, membuat hal-hal tersebut berubah jadi cambuk semangat untuk menghadirkan sesuatu yang istimewa dan terbaik dengan kemampuan yang kami miliki. Meski bukan omong kosong, kami panitia hanya manusia biasa yang juga bisa marah dan emosi.

Tapi sekali lagi, sebagai komunitas blogger dengan tagline “kami ada untuk berbagi” yang mana setiap menulis bertujuan untuk memberi inspirasi, berbagi hal-hal positif bahkan menganggap menulis dan ngeblog adalah terapi jiwa maka jalan yang diambil adalah berusaha untuk tetap menjaga hal tersebut dengan menyingkirkan semua hal-hal negatif yang berusaha masuk kedalam lingkaran kami. Dengan berpegang pada prinsip bahwa tujuan diadakannya event ini murni untuk memberi apresiasi kepada blogger perempuan Indonesia yang sudah sangat apik mengaktualisasikan dirinya di era digital meski harus berjibaku dengan tanggung jawab lain di dunia nyata sebagai seorang perempuan.
Hingga hari yang ditunggu pun tiba, dengan debar kwatir tapi penuh semangat kami berusaha menegakan kaki dan menatap yakin bahwa “hari ini” adalah hari perayaan kami dan blogger perempuan Indonesia untuk berbagi inspirasi dan apresiasi secara luas.

Hingga acara Srikandi Blogger 2013 berakhir dan memilih beberapa pemenang yang diharapkan akan semakin memberi inspirasi dan energi positif pada lingkungan blogger perempuan Indonesia melalui tulisannya dan kegiatan offlinenya.

Dan tidak bisa dipungkiri, para panitia sebagai manusia biasa pasti memiliki kesalahan dan  kekurangan baik sengaja maupun tidak sengaja yang tanpa sadar menyinggung pihak lain. Dan pasti berdampak pada ketidakpuasan beberapa pihak. Untuk itu saya sebagai salah satu panitia Srikandi Blogger 2013 menghaturkan maaf kepada semua pihak bila ada kesalahan yang tanpa kami sadari telah kami lakukan sebagai panitia. Kami juga siap menerima kritik dan saran untuk perbaikan kedepan dan sebagai bahan evaluasi. Jadi karena kita blogger, maka tulislah dengan masukan untuk kami dengan indah. Dan kami siap untuk menerima.

Dan juga terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini. Mas Haris, mbak Astrid dari Acer. Mas Syatir dan mas Sandro dari Rinso. Mbak Citra dari Wardah. Mbak Mubarika dan mbak Leyla dari IDBN. Mbak Lidya dari Azza. Pihak Sari Husada, Sami Kuring. Babeh Helmi dan mbak Dessy dari KYB. Mas Srondol dari BRiD. Dokter Posma dari Kompasiana (Planet Kenthir) dan semua pihak yang turut hadir memeriahkan acara Srikandi Blogger 2013.

Tidak ada kata indah lain yang bisa diucapkan selain terima kasih dan Insya Allah sampai jumpa lagi di Srikandi Blogger 2014 tahun depan. Bagi yang belum sempat ikut, ayo daftar tahun depan. Bagi yang belum terlibat, jagan ragu untuk bergabung tahun depan.


8 komentar:

  1. Sama juga dengan komenku di blognya MakPon, semoga tahun depan bisa lebih baik dan lancar lagi ya

    BalasHapus
  2. Tetep semangaaat mak.semoga emak blogger mkn solid dan aksn ada event2 keren lainnya.makasi makkk yg udh capek2 ngurusin semua emak2 disini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mak...semangat untuk kita semua :)

      Hapus
  3. Tahun depan Mak Icoel harus daftar jadi Srikandi Blogger. Aku siap jadi panitia. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahhhh...mak Haya aq jadi malu :P, ngumpulin PD dulu :)))

      Hapus
  4. Aku ngefans sama gaya mak icul :D

    BalasHapus
  5. hahaha...mak hana...jadi maluuu saia, krn saia kadang2 memang rada aneh ya? :P

    BalasHapus