Minggu, 20 Januari 2013

Kehebohan 100 Blogger Nobar IMB



foto dari fanpage Facebook TRANS TV




Sabtu 12 Januari 2013 kembali Blogdetik melaksanakan kegiatan rutinnya, Blogger Bicara. Tapi kali ini menghadirkan sesuatu yang sangat berbeda yaitu mengajak 100 Blogger menyambangi studio TransTv untuk nobar menyaksikan secara langsung Indonesia Mencari Bakat (IMB) yang pada hari itu menampilkan 7 peserta yang tersisa dengan bakatnya masing-masing untuk lanjut menuju putaran final.


Sejak pertama kali diumumkan oleh kordinator Blogdetik si kocak Karel Anderson di grup FB Bloger Reporter, sangat banyak blogger yang menyambutnya dengan antusias terutama aku sendiri. Bayangkan, tentu ini sebuah pengalaman yang sangat menarik, terutama untuk diabadikan di blog tentu akan menjadi kenangan tersendiri. Menyaksikan syuting acara live secara langsung, bisa melihat para kru yang bekerja secara langsung di dalam studio. Ditambah menyaksikan secara langsung penampilan para peserta unjuk bakat mereka masing-masing secara langsung yang selama ini hanya bisa ku saksikan melalui layar TV rumahku yang tidak terlalu besar. Entah untuk sahabat blogger yang lain, tapi bagi aku ini benar-benar pengalaman pertama datang menyaksikan syuting acara live.

foto dari fanpage Facebook TRANS TV


Tiba di TransTv sekitar pukul 14.30 WIB dan ternyata sudah banyak blogger lain yang hadir, aku dan teman-teman blogger yang lain langsung dipersilahkan untuk registrasi. Dan setelahnya langsung dipandu untuk naik ke studio di lantai 3A, tempat yang telah disediakan untuk para blogger berkumpul dan bertatap muka langsung dengan para peserta dan para tim kreatif dan produser dari IMB.

 
Yang membuat para blogger cukup sureprise dan bangga, penyambutan yang diberikan oleh pihak TransTv benar-benar luar biasa. Mulai dari dokumentasi yang oke punya, dimana para blogger diperlakukan bak tamu agung serasa berjalan di red carpet yang setiap langkahnya diikuti oleh kamera (klop banget sama sifat narsis blogger hahaha……). Dan dilanjutkan dengan penyambutan-penyambutan lain. Untuk ini aku sebagai seorang blogger mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada pihak TransTv yang sudah menyambut kami semua dengan baik.

foto dari fanpage Facebook TRANS TV


Setelah menikmati makan siang yang disediakan, dan sebelum masuk ke acara bincang-bincang dan tanya jawab dengan para tim kreatif dan produser dari IMB, aku dan para blogger lain yang hadir lebih dulu diajak menyaksikan video perjalanan TransTv dengan visi misi dan segala prestasi yang telah diraihnya sebagai salah satu jaringan TV Nasional yang besar di Tanah Air.

Hingga acara bincang-bincang antara blogger dengan tim kreatif IMB dan TransTV yang diwakili oleh Sulistyo Hadi - Supervisor Marketing PR TRANS TV, Tegar Bangun - Produser IMB dan Teuku Muda - Kreatif program IMB dan beberapa peserta IMB pun dimulai. Dari sini aku dan blogger lain yang hadir jadi tahu banyak hal yang selama ini mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Jadi tahu dengan jelas, IMB adalah salah ajang pencarian bakat yang tayang di TV nasional hasil pemikiran kreatif anak negeri sendiri. Memang hal ini harus kita semua akui, di TV lain banyak ditayangkan ajang pencarian bakat, tapi kita juga tahu sebagian besar itu adalah acara lisensi dari acara luar negeri. Untuk itu kita harus angkat jempol dan mengapresiasi pada tim kreatif IMB dan TransTV yang telah menelurkan acara ini, dan disukai oleh banyak penonton Tanah Air.

foto dari fanpage Facebook TRANS TV


Dan seperti yang dipaparkan oleh Produsernya mas Tegar, dengan tegas menjawab pertanyaan beda IMB dengan acara ajang pencarian bakat lainnya dari stasiun TV lain, bahwa IMB mencari dan menampung beraneka bakat tersembunyi dari para anak muda Indonesia yang unik, baru dan beda. Tidak dibatasi pada bakat tertentu atau khusus seperti ajang pencarian bakat lain. Jadi di IMB kita tidak hanya melihat bakat-bakat “umum” yang modern tapi juga bakat-bakat unik yang mengangkat dan mempertahankan kelestarian budaya tradisional Indonesia. 

foto dari fanpage Facebook TRANS TV


Seperti di IMB 1. Jika di IMB 1 kita bisa menyaksikan pemain Sasando dari Pulau Rote, Berto Pah maka di IMB 3 kita jadi tahu bahwa di pelosok daerah Indonesia ada seorang anak kecil bernama Sandrina Mazaya yang menggeluti tarian tradisional ditengah maraknya tarian modern yang mulai menggerus tarian tradisional kita dan menguasai anak muda Indonesia. Dan dari sini pula jadi tahu beda gerakan tarian Sunda dan jawa Timur itu terletak pada gerakan kepala, yaitu dagu dan leher, (tutup muka, malu…..selama ini tahunya sama,kepalanya sama-sama menggeleng) dari penjelasan salah satu juri keren Soimah saat mengomentari penampilan Sandrina. Promo budaya yang oke banget, secara acara ini juga ditayangkan di Malaysia memalui saluran TV kabel.

Penampilan Sebagian Peserta (Foto : Hazmi Srondol)


Dari dialog dan tanya jawab ini aku dan para blogger lain juga jadi tahu, bahwa para peserta yang masih menempuh masa pendidikan disediakan fasilitas home schooling supaya pendidikannya tetap berjalan seimbang dengan kegiatannya di IMB. Jadi pendidikan tetap nomer satu ya….! Sip banget deh!


Selain itu, dijelaskan oleh mas Agam yang berperan sebagai “pengasuh” para peserta selama di karantina peserta juga diajarkan bagaimana cara mengeskplorasi bakat-bakat mereka dengan baik. Bisa dibilang IMB adalah school talent bagi semua pesertanya. Dan ini juga dijelaskan oleh Yohanna Harso salah satu peserta yang menampilkan bakat pole dance. Bahwa sebelum di IMB dia adalah orang yang kurang mampu untuk berbicara di depan publik. Tapi sejak di IMB semua berubah. Selain itu, Yohanna juga menjelaskan salah satu alasannya ikut IMB adalah untuk lebih memperkenal pole dance pada masyarakat Indonesia dan juga memperkenalkan dirinya sendiri. Dimana dia lumayan dikenal oleh masyarakat Negara lain karena prestasinya membawakan pole dance tapi didalam negeri sendiri masih sangat minim orang mengenalnya dan tahu prestasinya. Begitu juga dengan Sandrina yang sebelumnya sangat sulit berkomunikasi dengan orang banyak, sekarang sudah berbeda meski masih tidak meninggalkan ciri khas kekanakannya.



Dari sini lagi-lagi kita harus mengakui, IMB bukan sekedar acara pencarian bakat biasa. Tanpa IMB belum tentu masyarakat tahu ada seorang Yohanna yang sudah berprestasi membawa nama Indonesia hingga keluar negeri. dan setelahnya TransTv juga bertanggung jawab melalui kontrak eksklusif yang dibuat untuk para peserta.


Selain pengembangan bakat, IMB juga mendidik para pesertanya memiliki kepribadian yang lebih baik lagi, seperti yang dialami Ardhy Dwiki dancer dari Banyuwangi yang menceritakan pengalaman dan kesalahan yang sempat dialaminya di hadapan para blogger yang hadir.

foto dari fanpage Facebook TRANS TV


Selesai acara tanya jawab yang seru, blogger diberi kesempatan untuk istirahat sambil narsis kembali bersama para kru dari TransTv dan 7 peserta yang sedang mempersiapkan diri di lantai 3A tersebut. Dan lagi-lagi aku sangat sureprise saat diminta oleh pihak TransTv bersama dengan 3 blogger lain yaitu Vema Syafei, Yoswa Mardikai dan sang leader Kumpulan Emak-emak Blogger Mira Sahid untuk memberikan testimony singkat tentang kehadiran kami, para blogger di acara nonton bareng syuting live Indonesia Mnecari Bakat ini(narsis lagi….hehe), dan karena membuat tetsimoni ini kami berempat tidak sempat mengikuti games menulis cepat. Tapi tidak masalah ya, secara sudah terbayar dengan narsis di testimoni (dijitak blogger lain, narsis terus hehehe!).

Selesai acara diskusi dan ngobrol ringan di Lantai 3A semua blogger dipandu untuk memasuki Studio 1 TransTv tempat acara berlangsung setelah sebelumnya diajak (lagi-lagi) narsis dulu di lobi dan dijelaskan tata tertib memasuki studio dan saat berada di studio. Seperti dilarang berisik, dilarang membawa makanan dan minuman, dilarang menyalakan blitz kamera, dan larangan-larangan lain (satu lagi pengetahuan umum yang selama ini tidak aku tahu). Sebenarnya banyak larangan lain saat memasuki studio diantaranya membawa anak kecil, memakai sandal, tapi khusus hari itu dan khusus untuk blogger, maka ada dispensasi (walah….baik banget memang para tim produksi TranTv hari itu kepada para blogger ya!). 

Tim Trans Mania Yang Cantik-cantik (foto dari fanpage Facebook TRANS TV)


Dan pertunjukan pun dimulai dengan penampilan kolaborasi peserta menyanyikan lagu dangdut dan dance, dan setelahnya satu persatu peserta unjuk kebolehannya di panggung. Di buka oleh penampilan pertama dari Josua Pangaribuan yang berduet dengan diva pop Indonesia yang sudah tidak diragikan lagi kemampuannya, Krisdayanti menyanyikan lagu Makin Aku Cinta. Dan disusul enam peserta lain. Street Pas Junior (SPJ) yang menampilkan dance dengan tema Sailor Moon, Vina pelukis pasir yang tampil beda dengan melukis wajah para juri dengan gliter, Abby Gallaby dengan suaranya yang kuat dan berkarakter, Sandrina dengan tari Ngremo Jawa Timurnya, Yohanna dengan pole dancenya yang memukau dan Ardhy Dwiki dengan dance dramanya yang unik. Dan acara ditutup dengan penampilan apik Kridayanti.

Blogger “kerusuhan” di Studio TransTV

Aku harus benar-benar angkat jempol dengan acara #BloggerBicara kali ini yang menghadirkan acara yang berbeda. Bisa dibayangkan, sekitar kurang lebih 100 blogger yang terbiasa banyak guyon, narsis dan hahahihi sana sini diundang ke tempat yang lumayan resmi seperti studio TranTV, maka yang terjadi adalah kehebohan tanpa henti.

Saat akan mulai acara bincang-bincang, sudah langsung heboh dengan kehadiran para tim kreatif IMB dengan produsernya mas Tegar yang sangat menjanjikan jika ikut audisi foto model (ngetik sambil ngelirik suami, takut dijitak hahahaha…).
Keriuhan kembali, saat untuk pertama kalinya para blogger yang sudah mengenal seorang Karel Anderson laksana seorang tokoh komik yang selalu menghadirkan tawa, terlihat sedikit mati gaya karena harus sedikit serius ditengah para tuan rumah yaitu Tim dari TransTV. Karena jika biasanya dia masuk dalam golongan seksi sibuk maka kali ini seorang Karel masuk salah satu daftar “tamu agung” TransTv. Tenang mas Karel, kami tetap menginginkan kamu kembali ke “habitat” aslimu sebagai salah satu virus tawa diantara para blogger. Makanya kami berteriak menyorakimu…..hahaha!
Saat disuruh bertanya, eh mas Hazmi salah satu virus ceria juga bikin gaduh saat memberi saran supaya singkatannya diganti jangan IMB, karena menyerupai singkatan dari Ijin Mendirikan Bangunan, capek deh blogger humor kalau sudah bersuara tetepp….bikin huru hara suasana, hahaha!

Pasukan KEB Narsis Dulu (Foto : AR Mutajalli)


Begitu juga saat sudah berada di studio, jika penonton lain anteng dan diam, bersuara saat hanya dipandu oleh tim produksi. Maka tidak dengan para blogger. Setiap ada yang lucu terutama saat juri paling kocak Soimah mengeluarkan “jurus mautnya” maka sorakan dan tawa dikursi blogger tidak terbendung lagi. Saat ada kesempatan break iklan, narsis tetap jalan. Foto sana, foto sini.
Karena di kursi deretan belakang tempat para blogger dudk bersebelahan dengan tempat duduk pendukung Yohanna, maka jadilah para blogger ikut-ikutan jadi jadi pendukung dadakan Yohanna dengan melambaikan spanduk bergambar dan bertuliskan nama Yohanna. Tapi siapa sih juga yang tidak terpukau dan mendukung Yohanna dengan penampilannya yang apik. Sampai-sampai si Yoswa saja menyaksikannya tanpa berkedip sepanjang penampilannya (kabur sebelum dijitak Yoswa).

Dan begitu banyak keriuhan lain yang tidak bisa tercapture semua disini. Yang pasti acara kali ini benar-benar sangat luar biasa dan tak terlupakan.Terutama saat bertemu beberapa Blogger yang sering ketemu di dunia maya, saling sapa dan komentar dilapak postingannya, tapi baru tahu orangnya di sini. Terima kasih untuk Blogdetik dan TransTv yang sudah memberikan pengalaman menarik pada kami para Blogger dan memberikan sambutan yang sangat special. Sampai jumpa di acara #Bloggerbicara selanjutnya.





6 komentar:

  1. hahahaha....itullah say kelebihan blogger, dimana pun berada seruuuu! iyaa....aq malah ga ada, makanya ambil poto orangg :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. iya mbak Fita, sekali-kali ikutan dunk, qta kopi tubruk eh darat :D

      Hapus
  3. whiiii...,seru banget mak.Baca liputan ini langsung kebayang gimana serunya.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, kamu kok sudah lama ga ikutan acara? ayo ikutan lagi..... :D

      Hapus
  4. Wah, seru amaaatt mak :) Kebayang deh betapa hebohnya para blogger, terutama emak-emak :p

    BalasHapus